NINIS EKA SETIAWATI, 126210201001 (2024) IMPLIKATUR DALAM PERCAKAPAN GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implikatur dalam Percakapan Guru dan Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Ninis Eka Setiawati, NIM 126210201001, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, dibimbing oleh Dra.Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci : Implikatur, Pembelajaran, Percakapan Implikatur merupakan makna tersirat dalam sebuah tuturan yang dapat mengimplikasikan banyak makna. Sebuah tuturan memiliki banyak implikatur tergantung pada implikasi atau penggunaan yang ditimbulkan dari tuturan tersebut. permasalahan yang dibahas mengenai jenis-jenis implikatur, fungsi implikatur, dan alasan penggunaan implikatur percakapan antara guru dan siswa dapat menjadi masalah bertutur yang cenderung menimbulkan salah maksud bagi mitra tutur, dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi konflik antara penutur dengan mitra tutur. Oleh karena itu, peneliti akan melakukan penelitian mengenai implikatur dalam percakapan guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis-jenis implikatur dalam percakapan antara guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru, (2) mendeskripsikan fungsi implikatur dalam percakapan antara guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru, (3) mendeskripsikan alasan penggunaan implikatur dalam percakapan antara guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru. Data dalam penelitian ini adalah implikatur dalam percakapan guru dan siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia disertai dengan konteks tuturan. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai human instrument. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) jenis implikatur yang digunakan guru dan siswa adalah implikatur percakapan umum dan implikatur percakapan khusus, (2) impikatur percakapan dalam tuturan guru dan siswa memiliki fungsi asertif, ekspresif, dan direktif, (3) alasan guru menggunakan implikatur percakapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah untuk melatih kepekaan, memperhalus ucapan, menyindir, mengefektifkan kondisi siswa, dan menyantunkan komunikasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210201001 NINIS EKA SETIAWATI |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 05:24 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 05:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48228 |
Actions (login required)
View Item |