EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII MTs NEGERI 1 BLITAR

SHELA DWI WAHYUNINGTYAS, 126201203228 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII MTs NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fikih Kelas VII MTs Negeri 1 Blitar” ini ditulis oleh Shela Dwi Wahyuningtyas (126201203228) Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar Dari banyaknya model pembelajaran yang ada, model pembelajaran index card match memiliki tingkat keefektivan dalam proses pembelajaran tersendiri yaitu, siswa ikut berperan aktif dalam berlangsungnya proses belajar mengajar, karena dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk bisa membaca, mengamati, mendengar, berbicara, memecahkan soal, kecepatan mencari kartu, dan aktivitas emosional. Sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik serta tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana efektivitas model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fikih kelas VII MTsN 1 Blitar? (2) Bagaimana respon siswa pada efektivitas model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fikih kelas VII MTsN 1 Blitar? Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (True Experimental). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Index Card Match dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Pengambilan menggunakan teknik purposive sampling (teknik sampel yang diambil berdasarkan dari beberapa pertimbangan dan karakteristik tertentu). Analisis data awal menggunakan uji validitas dan uji realibilitas dengan bantuan SPSS 25. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji normalitas,uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, angket respon peserta didik, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Rumusan masalah yang pertama diketahui t_hitung = 8,981 dan t_tabel = 1,667 sehingga 8,981 > 1,667 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat ditarik ksimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fikih kelas VII MTs Negeri 1 Blitar. (2) Rumusan masalah yang kedua diketahui t_hitung = 7,034 dan t_tabel = 1,667 sehingga 7,034 > 1,667 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan respon peserta didik terhadap efektivitas model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fikih kelas VII MTs Negeri 1 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203228 SHELA DWI WAHYUNINGTYAS
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:40
Last Modified: 09 Jul 2024 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48242

Actions (login required)

View Item View Item