MOCHAMAD FATHURRACHMAN, 12205193172 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” yang ditulis oleh Mochamad Fathurrachman, NIM. 12205193172 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ibu Irma Fauziah, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pada kegiatan belajar mengajar, dimana peran para guru akidah akhlak sangatlah penting dalam membentuk suatu karakter religius pada peserta didiknya. Dapat dilihat dari siswa pada saat zaman sekarang tentunya mempunyai suatu karakter yang berbeda-beda. Ada siswa yang berperilaku baik dan sopan santun ketika diajar oleh guru. Namun, juga ada beberapa siswa yang kurang sopan dalam kegiatan pembelajaran seperti tidak menjawab salam. Oleh sebab itu, Guru Akidah Akhlak wajib memberikan suatu arahan dan juga berperan dalam membentuk karakter religus peserta didik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam meningkatkan karakter religius peserta didik kelas 5 di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam meningkatkan karakter religius peserta didik kelas 5 di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai demonstrator dalam meningkatkan karakter religius peserta didik kelas 5 di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, uji credibility, uji transferbility, uji dependability, dan uji confirmability digunakan untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator yaitu guru memberikan reward berupa poin tambahan ketika peserta didik mengikuti kegiatan religius di sekolah. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator yaitu guru menciptakan suasana yang nyaman serta berakhlak di dalam kelas ketika proses kegiatan belajar mengajar berkangsung. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai demonstrator yaitu guru memberikan contoh cara berkomunikasi yang tepat kepada guru, orang tua, saudara, teman, serta masyarakat. Kata Kunci: Peran, Akidah Akhlak, Religius
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193172 MOCHAMAD FATHURRACHMAN |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 06:30 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 06:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48261 |
Actions (login required)
View Item |