RORO UTARI INDRA DEWI, 126209202089 (2024) PERSIAPAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (758kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (547kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (674kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Kademangan” ditulis Oleh Roro Utari Indra Dewi, NIM 126209202089, Pembimbing Dita Hendriani, M.A, NIP. 197912202014032001 Kata Kunci: Persiapan, Pelaksanaan, Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Ips Kurikulum merdeka belajar merupakan salah satu kebijakan kemdikbud dengan maksud menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bahagia baik bagi guru maupun peserta didik. Dalam merdeka belajar guru dan peserta didik memiliki keleluasaan dalam menentukan sistem pembelajaran yang tepat untuk mengetahui bakat dan minat yang ada pada diri peserta didik. Berdasarkan hasil observasi fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana persiapan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar (2) Faktor apa saja yang menjadi kendala dalam persiapan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan persiapan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar dalam pembelajran IPS di SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar(2) Untuk menjelaskan faktor apa saja yang menjadi kendala dalam persiapan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Kademangan Kabupaten Blitar dimulai dari kesiapan guru-gurunya terlebih dahulu dan guru-guru IPS mengikuti pelatihan mengenai kurikulum merdeka belajar serta menyusun perangkat pembelajaran sesuai ketentuan kurikulum merdeka. Kemudian faktor yang menjadi kedala adalah (1) keterbatasan dalam penggunaan teknologi (2) mindset belum berubah (3) keterbatasan sarana dan prasarana
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209202089 RORO UTARI INDRA DEWI |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 08:23 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48266 |
Actions (login required)
View Item |