PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMINIMALISIR BULLYING PESERTA DIDIK DI MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI

WIJI TRIASTUTIK, 126201202118 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMINIMALISIR BULLYING PESERTA DIDIK DI MTs SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meminimalisir Bullying Peserta Didik di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ditulis oleh Wiji Triastutik, NIM 126201202118, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhlak, Bullying Bullying dapat terjadi di berbagai tempat dan melibatkan siapa pun tanpa memandang usia, khususnya di dunia pendidikan. Apapun bentuknya, bullying bukanlah hal yang sepele, dampaknya sangat merugikan bagi peserta didik. Guru harus menciptakan lingkungan yang kondusif guna menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai komunikator dalam meminimalisir bullying peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam meminimalisir bullying peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai mentor dalam meminimalisir bullying peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Transferability), uji kebergantungan (Dependability) dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Peran guru akidah akhlak sebagai komunikator dalam meminimalisir bullying peserta didik dengan menyampaikan informasi berupa materi pembelajaran akidah akhlak melalui metode halaqah. Guru menyampaikan nilai-nilai dan etika yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan, jelas dan mudah dipahami serta diimbangi dengan nada suara yang ekspresif guna menarik perhatian peserta didik. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam meminimalisir bullying yaitu mendorong timbulnya perilaku pada peserta didik melalui contoh yang baik. Guru memberikan dorongan dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik melalui pembiasaan dan program-program madrasah yang bersifat religius. Bentuk motivasinya berupa reward, pujian, ucapan semangat, saran dan nasihat serta hukuman yang sesuai. Guru juga menceritakan kisah-kisah inspiratif yang diselipkan dalam mata pelajaran guna mendorong peserta didik untuk memetik hikmahnya. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai mentor dalam meminimalisir bullying yaitu membimbing peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran melalui ice breaking. Tidak hanya itu, guru juga mendampingi dan mengawasi perilaku peserta didik. Bentuk pengawasan yang dilakukan melalui metode halaqah saat pembelajaran di kelas. Guru juga memberikan pengarahan yang mampu mengembangkan potensi positif dalam diri peserta didik, supaya menjadi pribadi yang berkualitas, baik dari segi intelektual maupun akhlaknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bullying
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202118 WIJI TRIASTUTIK
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:56
Last Modified: 09 Jul 2024 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48269

Actions (login required)

View Item View Item