SYAHRUL RAMADHAN, 12201173169 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA SMK ISLAM 1 DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pentingnya pembinaan akhlak di dunia pendidikan khususnya sekolah, Pembinaan akhlak tak bisa lepas dari peran seorang guru yang menjadi sosok vital dalam pelaksanaan pembelajaran. Maka Pembinaan Akhla ini mulai diterapkan di sekolah-sekolah khususnya di Smk islam 1 durenan Trenggalek. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana tugas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak pada siswa Smk islam 1 durenan Kabupaten Trenggalek? Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak pada siswa Smk islam 1 durenan Kabupaten Trenggalek? Bagaimana hasil dari pembinaan akhlak pada siswa Smk islam 1 durenan Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan penelitian jenis penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sebagai teknik keabsahan data. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Guru pendidikan agama Islam berperan aktif sebagai contoh teladan bagi para siswa dengan menampilkan perilaku baik, tutur kata yang baik, rapi dalam berpakaian, jujur, hormat serta tegas dalam segala hal. Guru pendidikan agama Islam juga berperan aktif untuk mengajak siswa untuk kebaikan seperti shalat berjama`ah, shalat dhuha, serta melakukan hal-hal baik lainnya yang berkaitan dengan akhlak terpuji. Selain itu guru pendidikan agama islam juga memberi arahan, bimbingan serta nasehat pada siswa untuk senantiasa melakukan kebaikan dan berakhlak terpuji. 2) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa di Smk islam 1 durenan meliputi metode pembiasaan, keteladanan dan larangan/Hukuman. Ketiga metode tersebut telah dilakukan Guru dengan Setiap masuk kelas memberikan salam, kemudian seluruh siswa berdiri dipimpin. Kemudian guru memeriksa keadaan kelas dan tata tertib siswa, seperti, kebersihan, ketertiban, keindahan, kerindangan, kesehatan, kekeluargaan, keamanan dan keagamaan yang diterapkan guru dengan membaca do`a dan surat pendek bersama sebelum melakukan pembelajaran. 3) Hasil upaya guru pendidikan agama islam dalam membina akhlakul karimah adalah siswa-siswi di Smk islam 1 durenan berjiwa akhlakul karimah, rajin beribadah, khususnya salat berjamaah, dan sopan santun dalam bertutur maupun berperilaku kepada siapapun.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173169 SYAHRUL RAMADHAN |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 06:32 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 06:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48274 |
Actions (login required)
View Item |