IMPLEMENTASI PENDEKATAN INTERPERSONAL GURU PAI DALAM PENANAMAN SIKAP TAWADHU' SISWA KELAS X DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

INAYATUL MAGHFIRA, 126201202107 (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN INTERPERSONAL GURU PAI DALAM PENANAMAN SIKAP TAWADHU' SISWA KELAS X DI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (980kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (979kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (901kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pendekatan Interpersonal Guru PAI dalam Penanaman Sikap Tawadhu’ Siswa Kelas X di SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Inayatul Maghfira NIM: 126201202107 pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan, Komunikasi Interpersonal, Sikap Tawadhu’ Penulisan Skripsi ini dilatar belakangi oleh siswa di SMAN 1 Gondang yang heterogenan dari adanya perbedaan lingkungan belajar, perbedaan profil orang tua, dan perbedaan kebiasaan sehari-hari, yang berpengaruh terhadap akhlak siswa. Untuk itu akhlak yang baik sangat penting untuk ditanamkan dalam diri siswa dalam hal ini adalah sikap tawadhu’. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus dalam penelitian adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pendekatan dialogis guru PAI dalam penanaman sikap tawadhu’ siswa kelas X di SMAN 1 Gondang Tulungagung (2) Bagaimana pelaksanaan pendekatan instruktif guru PAI dalam penanaman sikap tawadhu’ siswa kelas X di SMAN 1 Gondang Tulungagung (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam penanaman sikap tawadhu’ siswa kelas X di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan dialogis dan instruktif guru PAI melalui komunikasi interpersonal dalam penanaman sikap tawadhu’ siswa kelas X di SMAN 1 Gondang serta faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman sikap tawadhu’. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yakni kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa kelas X SMAN 1 Gondang. Hasil penelitian Pertama, Pelaksanaan pendekatan interpersonal guru PAI diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan disampaikan melalui perantara komunikasi. pendekatan dialogis berdampak pada kedekatan antara guru dan siswa sehingga memudahkan penyampaian materi dan tercapainya tujuan pembelajaran, empati dan keterbukaan diperlukan sehingga dialog dapat berjalan dua arah. Selain itu kemampuan guru diperlukan untuk membangun komunikasi dengan siswa. Kedua, Penyampaian pesan secara instruktif memaksa siswa untuk melakukan instruksi yang diberikan oleh guru. Pembiasaan yang bersifat instruktif di dalam kelas yaitu pembiasaan bersalaman kepada guru dan membaca Al-Qur’an, pembiasaan yang bersifat instruktif di luar kelas diantaranya pembiasaan sholat berjamaah, istighosah, dan tadarus Al-Qur’an yang diawasi melalui kartu jum’at beriman. pemaksaan itu tidak langsung diberlakukan secara mutlak karena adanya reward atau punishment. Ketiga, Faktor yang mendukung penanaman sikap tawadhu’ siswa yaitu kedekatan antara guru dan siswa terjalin melalui komunikasi interpersonal, dorongan, motivasi, dan keteladanan yang diberikan, serta adanya program yang memberikan persuasi terhadap ketawadhu’an. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu faktor dalam siswa seperti tidak adanya motivasi dan kemauan untuk melakukan sikap tawadhu’, faktor dari luar diri siswa berasal dari lingkungan, serta Kurangnya komitmen dan istiqomah siswa dalam menerapkan sikap tawadhu’.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202107 INAYATUL MAGHFIRA
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:49
Last Modified: 31 Jul 2024 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48302

Actions (login required)

View Item View Item