PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI MTs. ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

IRMA KURNIA WATI, 12201193015 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI MTs. ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul peran guru pendidikan agama islam dalam mewujudkan budaya religius di MTs. Aswaja Tunggangri, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, ini ditulis oleh Irma Kurnia Wati dengan NIM: 12201193015 program studi pendidikan agama Islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius (Typologi, Implementasi, dan Evaluasi) Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenakalan remaja yang mengakibatkan rusaknya tatanan dilingkungan masyarakat. Sementara itu, pemahaman mengenai agama dan keberagamaan (religiusitas) dirasa masih kurang benar. Agama sering kali dimaknai secara dangkal, dan cenderung tekstual. Hal tersebut akan mengakibatkan penurunan moral pada generasi muda terutama ditingkat sekolah. Penelitian ini mengusung rumusan masalah (1) Bagaimana typologi budaya religius di MTs. Aswaja Tunggangri, Kalidawir, Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi kegiatan budaya religius di MTs. Aswaja Tunggangri, Kalidawir, Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi dari kegiatan kegiatan budaya religius di MTs. Aswaja Tunggangri, Kalidawir, Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui typologi budaya religius di MTs. Aswaja Tunggangri, Kalidawir, Tulungagung. (2) untuk mengetahui implementasi kegiatan budaya religius di MTs. Aswaja Tunggangri, Kalidawir, Tulungagung. (3) untuk mengetahui evaluasi dari kegiatan budaya religius di MTss. Aswaja Tunggangri, Kalidawir, Tulungagung. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi, dengan objek penelitian berupa typologi budaya religius, implementasi budaya religius serta evaluasi kegiatan budaya religius di madrasah. Hasil penelitian yang diperoleh yakni: 1. Mengetahui typologi atau model budaya religius di MTs. Aswaja Tunggangri yang menggunakan model struktural, model formal, model mekanik dan model organik 2. Implementasi dari kegiatan budaya religius di MTs. Aswaja Tungangri yang meliputi kegiatan madin, istighotsah, yasin dan tahlil, shalat berjamaah serta ziarah kubur yang dilaksanakan selama satu bulan sekali 3. Evaluasi dari kegatan religius di MTs. Aswaja Tunggangri yang meliputi nilai ibadah, nilai nilai jihad serta nilai amanah dan ikhlas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193015 IRMA KURNIA WATI
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:13
Last Modified: 11 Jul 2024 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48340

Actions (login required)

View Item View Item