ANALISIS KUALITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BIOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI DI SMAN I GONDANG TULUNGAGUNG KELAS X SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023-2024

FITRIA SURYANINGSIH, 126208203101 (2024) ANALISIS KUALITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BIOLOGI SEBAGAI BAHAN AJAR BIOLOGI DI SMAN I GONDANG TULUNGAGUNG KELAS X SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023-2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER..pdf

Download (937kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (663kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) IPA Biologi Sebagai Bahan Ajar Biologi di SMAN I Gondang Tulungagung Kelas X Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024‟‟,ditulis oleh Fitria Suryaningsih,NIM 126208203101, dengan dosen pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : LKS, Kelayakan Materi, Kesesuaian soal. Bahan ajar sangatlah penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satunya yang banyak digunakan yaitu bahan ajar cetak berupa LKS. Dengan tingginya penggunaan bahan ajar LKS dalam pembelajaran juga harus diimbangi dengan kualitas LKS yang baik. Jika dalam penyusunannya tidak sesuai dengan pedoman penyusunan maka kompetensi peserta didik tidak bisa berkembang dan akan berakibat pada hasil belajar. Maka diperlukan analisis LKS tersebut karena dengan ditemukannya dari segi penampilan yang kurang menarik, tidak lengkapnya pada isi komponenya sehingga masih belum sesuai dengan pedoman penyusunan. Dengan begitu pembuatan bahan ajar harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa,unsur yang harus ada pada penyusunan bahan ajar yaitu berupa petunjuk belajar, kompetensi yang akakn dicapai, informasi pendukung, latihan soal, dan petunjuk kerja pada lembar kerja. Penelitian ini memiliki tujuan adalah (1) Untuk mendeskripsikan kelengkapan komponen LKS, (2) Untuk Mendeskripsikan kelayakan materi. (3) Untuk mendeskripsikan kesesuaian soal dengan prinsip pengembangan soal pada LKS IPA Biologi terbitan Viva Pakarindo yang digunakan kelas X semester ganjil. (4) Untuk mendeskripsikan kelengkapan komponen, kelayakan materi, dan kesesuaian soal dengan prinsip pengembangan soal pada LKS IPA Biologi terbitan Viva Pakarindo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode studi dokumentasi, dilakukan dengan menganalisis kelengkapan komponen LKS,kelayakan materi, dan kesesuaian soal dengan prinsip pengembangan soal. Penilaian dilakukan dengan cara mengisi tabel instrument yang dibuat oleh peneliti dengan mengembangkan dari dokumen Depdiknas dan Permendikbud. LKS yang diteliti yaitu LKS IPA Biologi untuk SMAN I Gondang Tulungagung kelas X semester ganjil terbitan Viva Pakarindo. LKS tersebut terdapat 4 bab yaitu pada bab 1 menjelaskan materi peranan virus, bab 2 keanekaragaman makhluk hidup, bab 3 Klasifikasi makhluk hidup dan bab 4 bioteknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kelengkapan komponen LKS yang digunakan di SMAN I Gondang Tulungagung memperoleh nilai sebesar 71% dalam kriteria penilaian baik, (2) Kelayakan materi berdasarkan kesesuaian CP/ATP memperoleh nilai 70,28% dalam kriteria penilaian baik, kelayakan materi berdasarkan keakuratan materi memperoleh nilai 27,78% dalam kriteria penilaian kurang baik, kelayakan materi berdasarkan materi pendukung pembelajaran memperoleh nilai 82,81% dalam kriteria penilaian baik, (3) Kesesuaian soal pada pilihan ganda memperoleh nilai 78,58% dalam kriteria penilaian baik, soal uaraian panjang memperoleh nilai 81,11% dalam kriteria penilaian baik, soal tugas mandiri memperoleh nilai 91% dalam kriteria penilaian sangat baik. (4) Secara keseluruhan LKS yang digunakan sebagai bahan ajar di SMAN I Gondang tersebut memperoleh jumlah nilai 71,36% termasuk dalam kriteria baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208203101 FITRIA SURYANINGSIH
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:13
Last Modified: 18 Jul 2024 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48360

Actions (login required)

View Item View Item