PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 KAUMAN

MELIAN OKTAVIARDANA, 126207202055 (2024) PENGARUH MANAJEMEN KESISWAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Kauman” ditulis oleh Melian Oktaviardana, NIM 126207202055. Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Pembimbing: Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa di SMAN 1 Kauman masih kurang. Seperti membuat kebisingan saat upacara, siswa terburu-buru mendekati gerbang sekolah sebelum jam pulang, serta siswa sudah meninggalkan kelas sebelum jam pulang sekolah. Oleh karena itu, sekolah perlu melaksanakan manajemen kesiswaan dengan baik agar dapat senantiasa memberikan pelayanan-pelayanan yang mampu memenuhi kebutuhan siswa sehingga siswa semangat mengikuti kegiatan di sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana deskripsi manajemen kesiswaan di SMAN 1 Kauman?; (2) Bagaimana deskripsi motivasi belajar siswa di SMAN 1 Kauman?; (3) Adakah pengaruh manajemen kesiswaan terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Kauman?. Sedangkan, tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis tentang deskripsi manajemen kesiswaan di SMAN 1 Kauman; (2) Untuk menganalisis tentang deskripsi motivasi belajar siswa di SMAN 1 Kauman; (3) Untuk menganalisis pengaruh manajemen kesiswaan terhadap motivasi belajar siswa di SMAN 1 Kauman; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Kauman kelas 10 dan 11 yang berjumlah 838. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang diperoleh 89 siswa, serta pembagian sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sehingga diperoleh 45 siswa kelas X dan 44 siswa kelas XI. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Manajemen kesiswaan di SMAN 1 Kauman dikategorikan sangat baik dengan perolehan nilai sebesar 68,5%. (2) Motivasi belajar siswa di SMAN 1 Kauman dikategorikan sangat baik dengan perolehan nilai sebesar 48,3%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kesiswaan terhadap motivasi belajar. Hal ini didasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan 0,000 sehingga pada taraf signifikansi 10% maka 0,000 < 0,1. Kemudian, diperoleh nilai Thitung 6,816 dan pada taraf signifikansi 10% diperoleh nilai Ttabel 1,663, maka 6,816 > 1,663. Sehingga pada pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dengan pengaruh sebesar 34,8%, sedangkan 65,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207202055 MELIAN OKTAVIARDANA
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:22
Last Modified: 10 Jul 2024 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48379

Actions (login required)

View Item View Item