YENI FITRIANI, 126205202118 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI BIMBINGAN BELAJAR MALAM BAGI KELAS TINGGI DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (529kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Bimbingan Belajar Malam Bagi Kelas Tinggi di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Yeni Fitriani, NIM 126205202118, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Hasil Belajar, Bimbingan Belajar Malam. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah perkembangan teknologi yang semakin maju dan pesat dalam dunia pendidikan, menjadikan peserta didik kecanduan dengan smartphone. Permasalahan tersebut mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam belajar yang berdampak pada hasil belajar yang menurun. Sehingga sudah seharusnya pihak sekolah memiliki strategi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, yang dapat dilakukan dengan memberikan jam tambahan belajar atau bimbingan belajar. Guru mempunyai tugas untuk membimbing serta selalu berusaha untuk memberikan pemahaman materi bagi peserta didiknya dengan cara memilih pendekatan dan metode yang baik, sehingga peserta didik selalu termotivasi untuk selalu rajin dalam belajar dan menjadikan hasil belajar peserta didik meningkat. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui bimbingan belajar malam bagi kelas tinggi di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui bimbingan belajar malam bagi kelas tinggi di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui bimbingan belajar malam bagi kelas tinggi di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pada program bimbingan belajar malam yaitu dengan menyiapkan tenaga pengajar (guru), menentukan metode pembelajaran, dan izin dari para orang tua. (2) Pelaksanaan bimbingan belajar malam di mulai setelah maghrib seminggu 5 kali yaitu hari senin, selasa, rabu, jumat, dan minggu. Pembelajaran dilakakukan dengan penjelasan materi secara singkat dari guru, mengerjakan PR dan soal-soal pada LKS. Pada pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Dengan menggunakan pendekatan guru sebagai fasilitator dan juga guru selalu memberikan umpan balik kepada peserta didik. (3) Evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi program yang bekerjasama dengan para orang tua peserta didik, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan penilaian sumatif dan formatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202118 YENI FITRIANI |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:41 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48382 |
Actions (login required)
View Item |