PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TOPIK MEMAKAN DAN DIMAKAN DI KELAS V SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON

RODHIYAH NUR AMIN, 126205202154 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TOPIK MEMAKAN DAN DIMAKAN DI KELAS V SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Amin, Rodhiyah Nur. 2024. Pengembangan Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Topik Memakan dan Dimakan Di Kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata kunci: Pengembangan, Scrapbook, Hasil Belajar Pengembangan media pembelajaran scrapbook merupakan salah satu alternatif penunjang hasil belajar siswa. Kegiatan pembelajaran IPA berisi banyak materi yang menyebabkan siswa kurang antusias dan merasa bosan karena banyaknya tulisan yang harus dibaca. Akibatnya siswa tidak menguasai materi dan hasil belajar kurang dari KKM. Media scrapbook berisi tempelan catatan dan hiasan ilustrasi yang sesuai dengan karakteristik siswa SD/MI. Media scrapbook mempermudah siswa dalam memahami materi dan juga tidak membosankan karena dikemas dalam bentuk buku yang unik dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui desain produk scrapbook pada materi Memakan dan Dimakan di kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon, (2) untuk mengetahui proses pengembangan media scrapbook pada materi Memakan dan Dimakan di kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon, (3) untuk mengetahui efektifitas media scrapbook pada materi Memakan dan Dimakan di kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan yang terdiri dari tahap analisis (Analyze), tahap desain/perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, angket atau kuisioner, tes, observasi dan dokumentasi. Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk berupa scrapbook topik memakan dan dimakan kelas V SD/MI. Media scrapbook ini telah memenuhi kriteria kevalidan dengan hasil uji ahli media 91,6%, ahli materi 87,1%, dan ahli soal 83,8%. Hasil uji coba lapangan mencapai tingkat kepraktisan 88,92%. Sedangkan dalam penerapan di kelas, rata-rata hasil pretest siswa adalah 48,68 dan rata-rata hasil posttest siswa adalah 76,58. Berdasarkan analisis menggunakan uji I-Paired Sample T-Test pada SPSS 25 for windows nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah penggunaan media scrapbook topik memakan dan dimakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202154 RODHIYAH NUR AMIN
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:23
Last Modified: 10 Jul 2024 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48416

Actions (login required)

View Item View Item