INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMAN 1 CAMPURDARAT

ALDITA NUR LAYLI, 126201202102 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Ke-Islaman Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di SMAN 1 Campurdarat” ditulis oleh Aldita Nur Layli, NIM. 126201202102, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd., NIP.197204172006041002 Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Keislaman, Akhlakul Karimah Konteks penelitian ini ialah maraknya kasus bullying disekolah yang menjadikan karakter anak bermasalah. Persoalan karakter menjadi bahan pemikiran sekaligus keprihatinan bersama karena negara ini bisa dianggap sedang menderita krisis karakter. Sehingga persoalan ini menjadi tanggung jawab yang penting bagi dunia pendidikan. Pentingnya menginternalisasi nilai-nilai akhlaqul karimah melalui pendidikan pada diri peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menjadikan peserta didik berakhlak mulia atau berakhlak yang baik, baik itu kepada Tuhan, sesama manusia, alam dan segenap makhluk Tuhan lainnya Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana desain nilai-nilai dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMAN 1 Campurdarat? 2) Bagaimana konten nilai-nilai dalam membentuk karakter kejujuran peserta didik di SMAN 1 Campurdarat? 3) Bagaimana evaluasi nilai-nilai dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik di SMAN 1 Campurdarat. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data diambil dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan guru Agama Islam, kepala sekolah, waka kesiswaan dan siswa-siswi SMAN 1 Campurdarat, selanjutnya data diolah kemudian dianalisis menggunakan model analisis deskriptif. Dengan pengecekan keabsahan data dilakukan oleh peneliti, teman sejawat, keajekan isi, dan triangulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa, 1) Transaksi internalisasi nilai-nilai religius akhlakul karimah di SMAN 1 Campurdarat yaitu dengan cara membangun diskusi dua arah dan membuat peraturan yang berkaitan dengan nilai religious. 2) Cara transformasi nilai-nilai keislaman di SMAN 1 Campurdarat yaitu dengan pembiasaan perilaku jujur, memberikan teladan sportifitas dan pemberian nasihat keagamaan. 3) cara transetralisasi nilai-nilai dalam membentuk karakter kedisiplinan peserta didik di SMAN 1 Campurdarat dengan pengkondisian peserta didik, dan pembiasaan hidup disiplin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202102 ALDITA NUR LAYLI
Date Deposited: 20 Jul 2024 13:21
Last Modified: 20 Jul 2024 13:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48423

Actions (login required)

View Item View Item