ALVIN HIDAYATULLAH, 17505164003 (2018) METODE MENGHAFAL JUZ AMMA YANG TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut dan MI Al–Ifadah Kaliwungu Ngunut). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Metode Menghafal Juz Amma yang Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Multisitus di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut)”. Tesis 2016, Pascasarjana Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam IAIN Tulungagung, ditulis oleh Alvin Hidayatullah dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Muawanah, M.Pd., dan Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata kunci : metode menghafal, prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pendidikan secara operasional menjadi tugas dan kewajiban umat Islam untuk selalu menjaga dan memelihara Al-Qur’an, salah satunya dengan menghafalkannya. Namun pada zama sekarang ini banyak umat Islam yang telah meninggalkan Al-Qur’an, tidak mempelajari, tidak membaca bahkan tidak menghafalkannya. Masih sedikit lembaga pendidikan Islam yang mengadakan program menghafal Al-Qur’an Hadits pada tingkat MI menghafal juz amma. Untuk menarik minat mereka, perlu adanya penggunaan metode pembelajaran yang mudah dan sistematis. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang mudah dan sistematis untuk menunjang keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an. Ada beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penulisan ini adalah (1) bagaimana penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut? (2) Bagaimana hasil penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut?. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memaparkan penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut. (2) memaparkan hasil penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang memilih lokasi di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut dan MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut dengan rancangan studi multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan atau observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian, maka dilakukan uji keabsahan data dengan triangulasi data menggunakan sumber, teori dan metode. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan hasil kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini: (1) dalam menerapkan metode menghafal harus ada buku materi, penyusunan jadwal pelaksanaan, guru pengajar, target pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran, di MI Al-Huda Karangsari meliputi metode kulli, metode juz’i, metode drill. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran di MI Al-Ifadah Kaliwungu Ngunut meliputi metode jama’, metode wahdah, metode takrir, metode drill, metode sorogan atau setoran hafalan. (2) hasil penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran AlQur’an Hadits membentuk karakter peserta didik yang berakhlakul karimah, memberi bekal ilmu keagamaan yang kuat untuk bekal masa depan, membentk generasi muda yang bertaqwa dan beriman,selain itu juga diadakan evaluasi setoran, evaluasi penilaian dan kelulusan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 17505164003 ALVIN HIDAYATULLAH |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:05 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48440 |
Actions (login required)
View Item |