CHOIRUN NISWAH, 126201202097 (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SKI DI MTS. SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (901kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Interaktif Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Pembelajaran SKI di MTs. Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ditulis oleh Choirun Niswah. NIM. 126201202097. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Interaktif, Kejenuhan Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran SKI, hal ini berdasarkan pada hasil observasi kelas pada bulan maret 2023 yang dimana pada saat pembelajaran, respon siswa terhadap penyampaian materi oleh guru sangat buruk. Banyak siswa yang sibuk sendiri dan terlihat bosan dengan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran kurang aktif dan efektif. Dari permasalahan tersebut seorang guru perlu melakukan inovasi pada saat pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran interaktif sehingga proses pembelajaran di kelas akan menjadi aktif dan dapat dikondisikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran interaktif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran SKI di MTs. Sunan Kalijogo Mojo Kediri, (2) Untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan metode pembelajaran interaktif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran SKI di MTs. Sunan Kalijogo Mojo Kediri, (3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab kejenuhan belajar siswa di MTs. Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik pengambilan sampel informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Proses analisis data melalui tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tahap perencanaan metode pembelajaran interaktif disusun secara sistematis oleh guru SKI mulai dari menyiapkan perangkat pembelajaran, menentukan media yang akan digunakan, RPP dan lembar kerja siswa. Tahap pelaksanaan metode pembelajaran interaktif dilakukan dengan menambahkan permainan dalam pembelajaran dan dilakukan sesuai dengan RPP. Tahap evaluasi, guru melakukan penilaian yang meliputi penliaian sikap, pengetahuan serta keterampilan. (2) Penerapan metode pembelajaran interaktif efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa, siswa menjadi termotivasi dan menikmati proses pembelajaran, pemahaman siswa mengenai materi juga mengalami peningkatan. (3) Kejenuhan belajar dipengaruhi oleh performa guru, penggunaan metode yang monoton, siswa merasa keletihan, kurangnya waktu istirahat, kondisi lingkungan, serta sarana dan prasarana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Kebudayaan Islam Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202097 CHOIRUN NISWAH |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 07:46 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48449 |
Actions (login required)
View Item |