NI'MATUS SHOLIKHAH, 126211201001 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (863kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Tekanan Zat Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Ni’matus Sholikhah, NIM. 126211201001, pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Polya, Tekanan Zat, Higher Order Thinking Skill (HOTS) Kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena hal tersebut dianggap sebagai tolak ukur kualitas siswa. Jika kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki tinggi maka siswa tersebut memiliki kualitas diri yang bagus, begitu pun sebaliknya. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kurang, pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan juga kurang, siswa kurang mengenal simbol, dan siswa kurang banyak berlatih mengerjakan soal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dan persentasenya dalam menyelesaikan soal fisika tipe HOTS materi tekanan zat kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII D, kemudian diambil 6 siswa sebagai subjek wawancara dengan 3 kategori yakni siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan 2 teknik, yaitu triangulasi dan ketekunan pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang berkemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah model Polya untuk soal level C4 dan C5. Siswa yang berkemampuan sedang mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah model Polya untuk soal level C4. Siswa yang berkemampuan rendah kurang mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah model Polya. (2) Persentase kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan indikator pemecahan masalah model Polya yakni mengidentifikasi masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali secara berurutan adalah 72%, 64%, 52%, dan 51%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Fisika > Tekanan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211201001 NI'MATUS SHOLIKHAH |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 11:45 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 11:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48455 |
Actions (login required)
View Item |