PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

SAROTUNNI'AH, 126211202067 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (658kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (550kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Sarotunni’ah, NIM. 126211202067, Program Studi Tadris Fisika, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Predict-Observe-Explain (POE), keterampilan proses sains, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan kondisi siswa yang belum terlibat penuh dalam proses pembelajaran dan kurang memahami fenomena yang terjadi sehingga berakibat pada rendahnya keterampilan proses sains siswa yang diperlukan untuk memperoleh, mengembangkan serta menerapkan prinsip, konsep, dan hukum yang ada pada sains. Siswa juga kesulitan dalam mengaitkan apa yang mereka pelajari dengan dunia luar, mereka kurang aktif bertanya dan memberikan pendapat sehingga berakibat pula pada hasil belajar yang rendah. Hal ini perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi cermin dan lensa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasy Eksperimental (eksperimen semu), dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung yang berjumlah 360 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa, dan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan 3 uji, meliputi uji instrumen (uji validitas dan uji reabilitas), uji prasarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis (uji Mann-Whitney dan uji Kruskall Wallis). Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Ada pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi cermin dan lensa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. 2) Ada pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada materi cermin dan lensa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung. 3) Ada pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi cermin dan lensa kelas VIII di MTsN 4 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202067 SAROTUNNI'AH
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:15
Last Modified: 01 Aug 2024 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48459

Actions (login required)

View Item View Item