PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR OLEH GURU UNTUK KESIAPAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 11 BLITAR

KUSNUL MUTAMIMAH, 126205202166 (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR OLEH GURU UNTUK KESIAPAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar oleh Guru untuk Kesiapan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar” ini ditulis oleh Kusnul Mutamimah, NIM 126205202166, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung. Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar, Kesiapan Pembelajaran Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh Kebijakan baru pada sistem pembelajaran "Merdeka Belajar", Kurikulum Merdeka hadir untuk menyempurnakan kurikulum 2013 yang berlaku. Tujuan kurikulum ini adalah sebagai pemulihan dari krisis pembelajaran yang semakin parah akibat pandemi dan juga bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada guru dan lembaga untuk membuat dan mengelola kurikulum mereka sendiri. Akibatnya, MIN 11 Blitar menarik perhatian karena merupakan sekolah pertama yang menerapkan kurikulum merdeka. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana persiapan guru dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar? (2) Bagaimana Pelaksanaan guru dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar? (3) Faktor apa saja yang dapat menghambat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar?, Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Menganalisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar. (2) Untuk Menganalisis Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar. (3) Untuk Mendeskripsikan Hambatan yang ada dalam Pembelajaran merdeka belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru harus mempersiapkan diri untuk menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka dengan membuat Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, Modul Ajar, dan Penilaian Pembelajaran yang berkaitan dengan kurikulum merdeka. Selain itu, mempersiapkan diri secara mental melalui kegiatan sosialisasi, seminar, dan pelatihan. Selain itu, guru dapat mengikuti pelatihan terkait penyusunan perangkat ajar kurikulum merdeka dari kementrian dan pelatihan internal satuan pendidikan. (2) Pelaksanaan guru dalam kesipan pembelajaran kurikulum merdeka memungkinkan pembelajaran lebih fleksibel dan disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik peserta didik sehingga peserta didik memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar. Proses evaluasi pembelajaran meliputi penilaian di awal dan akhir materi, serta penilaian setiap tengah dan akhir semester. (3) Faktor-faktor yang menghambat kesiapan pembelajaran kurikulum merdeka termasuk kurangnya pemahaman anak tentang pembelajaran, ketersediaan sarana dan fasilitas madrasah yang cukup, dan kesiapan guru untuk mengajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202166 KUSNUL MUTAMIMAH
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:41
Last Modified: 11 Jul 2024 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48481

Actions (login required)

View Item View Item