LIA DWI NUR KHABIBAH, 126204202100 (2024) DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT SISWA KELAS VII DI MTsN 2 KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berdasarkan Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert Siswa Kelas VII di MTsN 2 Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Lia Dwi Nur Khabibah, NIM. 126204202100, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Sutopo, M. Pd. Kata Kunci : Disposisi Matematis, Aljabar, Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert Disposisi matematis atau productive disposition, berkenaan dengan kebiasaan kecenderungan untuk melihat matematika sebagai sesuatu yang logis atau masuk akal, memahami bahwa matematika berguna dan berharga, ditambah dengan sebuah keyakinan dalam bentuk ketekunan untuk belajar matematika.Berdasarkan hasil observasi di MTsN 2 Kabupaten Blitar, ditemukan gejala-gejala rendahnya disposisi matematis. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika diprediksi karena karakteristik mereka yang berbeda.Oleh karena itu, untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru atau pendidik harus mengetahui kepribadian setiap siswa. Ada dua tipe kepribadian berdasarkan perbedaan interaksi, kebiasaan, respon, serta komunikasi tiap-tiap individu dalam bersosialisasi dengan lingkungan disekitar seseorang yaitu tipe kepribadian extrovert dan introvert. Semakin baik penguatan disposisi matematis siswa pada jenjang awal seperti aljabar, semakin baik pula prestasi yang dihasilkan pada jenjang berikutnya. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan tipe kepribadian extrovert siswa di MTsN 2 Kabupaten Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan tipe kepribadian introvert siswa di MTsN 2 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VII MTsN 2 Blitar yang berjumlah 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa extrovert dan 2 siswa introvert. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan ketekunan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan tipe kepribadian Extrovert siswa kelas VII di MTsN 2 Kabupaten Blitar mampu mencapai 2 indikator disposisi matematis, yaitu percaya diri dan aplikatif. 2) Disposisi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan tipe kepribadian introvert siswa kelas VII di MTsN 2 Kabupaten Blitar mampu mencapai 6 indikator disposisi matematis, yaitu percaya diri, fleksibel, bertekad kuat, rasa ingin tahu, reflektif dan aplikatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202100 LIA DWI NUR KHABIBAH |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:38 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48518 |
Actions (login required)
View Item |