Muchammad Agung Tri Cahyono, 2811123155 (2016) Upaya Ustadz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur'an Santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun 2016. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (197kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul Upaya Ustadz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Quran Santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun 2016”, ini ditulis oleh Muchammad Agung Tri Cahyono, NIM. 2811123155, dengan dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Upaya, Guru TPQ, Motivasi Belajar Al-Quran, Santri TPQ Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi masa sekarang ini adalah rendahnya motivasi belajar membaca Al-quran pada anak-anak merupakan permasalahan yang utama. Sebagian besar masyarakat tidak memperdulikan Pendidikan Agama kususnya baca Al-Quran. Padahal pendidikan agama pada masa sekarang sangatlah penting dan berguna bagi kaum-kaum muda yang masih mencari jati diri mereka. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lembagaTPQ Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung sebagai kajian ilmiah untuk menggali hal-hal yang lebih dalam lagi. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana usaha Ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Quran santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun 2016?; (2) Apa faktor pendukung dan penghambat usaha Ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Quran santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun 2016?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan usaha Ustadz meningkatkan motivasi belajar Al-Quran santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun 2016, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat TPQ dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Quran santri TPQ Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian grounded theory. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan tehnik analisis data melalui: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan tehnik pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi sumber, dan diskusi dengan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Usaha yang dilakukan Ustadz untuk meningkatkan motivasi belajar santri : Ustadz memberikan tambahan waktu pelajaran kepada santri, Ustadz mengajak wali santri mengawasi perkembangan buah hatinya. Ustadz memberikan arahan dan nasehat kepada santri, (2) Yang menjadi Faktor Pendukung : Kompetensi guru yang mumpuni, Administrasi yang baik, Adanya kegiatan ekstrakurikuler, Sarana dan prasarana yang memadai, Penerapan strategi pembelajaran yang tepat. Sedangkan yang menjadi Pengahambat Usaha Ustadz dalam meningkatkan motivasi Belajar : kurangnnya kesadaran dari wali santri tentang tanggung jawab pendidikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123155 Muchammad Agung Tri Cahyono |
Date Deposited: | 22 Feb 2017 07:51 |
Last Modified: | 22 Feb 2017 07:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4852 |
Actions (login required)
View Item |