IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NIDHOMIYAH SUROWONO BADAS KEDIRI

YULIA ATSNA PUTRI RAHMAH, 126201203242 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NIDHOMIYAH SUROWONO BADAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII di MTs Nidhomiyah Surowono Badas Kediri” ditulis oleh Yulia Atsna Putri Rahmah, NIM 126201203242, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayiid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Hafidz Rosyidiana, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim, Karakter Religius Kemerosostan nilai nilai moral dan krisisnya akhlak pada generasi muda di zaman modern ini, permasalahan yang muncul seperti pergaulan bebas, kenakalan remaja, kurangnya rasa hormat siswa terhadap guru maupun orang tua, bahkan baru baru ini beredar video siswa SMP yang melakukan bulliying terhadap gurunya hal ini menandakan krisisnya akhlak pemuda zaman sekarang, maka perlu adanya pembelajaran akhlak di sekolah untuk memperbaiki moral siswa salah satunya adalah diadakannya pembelajaran muatan lokal tambahan, seperti pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim, sehingga dengan adanya pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dapat membentuk karakter religius siswa dan dapat menanggulangi merosotnya akhlak. Penelitian ini berfokus pada 1) persiapan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Nidhomiyah Surowono Badas Kediri 2) penerapan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Nidhomiyah Surowono Badas Kediri 3) Hambatan penerapan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Nidhomiyah Surowono Badas Kediri. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan persiapan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Nidhomiyah Surowono Badas Kediri, 2) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Nidhomiyah Surowono Badas Kediri. 3) mendeskripsikan hambatan penerapan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Nidhomiyah Surowono Badas Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan reduksi data, Penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukknan 1) persiapaan pembelajaran kitab ta’limul muta’allim dengan mempersiapkan metode pembelajaran yang efektif dan aktu pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dijadwalkan yaitu setiap kelas seminggu sekali durasinya 1×30 menit, materi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim yang diajarkan di kels VII ada 6 pasal pertama pada kitab Ta’limul Muta’allim, metode yang digunakan dalam proses pelaksanaan pembelajaran kitab ta’limul muta’allim adalah metode chalk and thalk, metode ceramah dan metode sorogan, hasil evaluasi pembelajaran kitab ta’limul muta’allim dilihat dari keaktifan peserta didik di sekolah. (2) Penerapan pembelajaran kitab Ta’limul melalui proses pembelajaran, melalui proses pembiasaan sehari hari, melalui keteladanan. (3) Hambatnya adalah faktor luarnya yaitu seperti gadget atau handphone, latar belakang keluarga, dan Faktor dalam nya dari diri siswa sendiri, seperti siswa yang masih suka membolos ketika pembelajaran dan solusinya adalah memberikan aturan yang tegas kepada peserta didik yang melanggar peraturan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203242 YULIA ATSNA PUTRI RAHMAH
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:42
Last Modified: 22 Jul 2024 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48549

Actions (login required)

View Item View Item