BADI’ATUS SURURIYAH, 17505164012 (2018) PENGGUNAAN MEDIA KOMIK SAINS DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA (Studi Multi Situs di MI Karanggandu dan MI Plus Watulimo). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (389kB) |
||
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRA-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tesis Dengan Judul “Penggunaan Media Komik Sains Dengan Metode Snowball Drilling Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Multi Situs di MI Karanggandu Dan MI Plus Watulimo) Ini Ditulis Oleh Badi’atus Sururiyah Dengan Dibimbing Oleh Dr. Hj. Elfi Muawanah, M. Pd Dan Dr. H. Syamsu Ni’am, M. A. Kata Kunci: Komik Sains, Metode Snowball Drilling, Motivasi, Peserta Didik. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian guru terhadap motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru biasanya lebih fokus pada hasil belajar, padahal motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Semakin tinggi motivasi yang dimiliki, semakin tinggi perhatian peserta didik terhadap pembelajaran, maka hasil belajar yang dicapai pun juga semakin baik.oleh karena itu, guru perlu membuat inovasi di kelas untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penggunaan metode pembelajaran dengan dibantu penggunaan media yang tepat dapat menjadi pilihan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Salah satunya adalah penggunaan media komik dengan metode snowball drilling karena didalamnya terdapat unsur yang dapat meningkatkan minat peserta didik, yaitu materi pembelajaran yang dikemas dalam sebuah cerita menarik serta dapat menempatkan belajar dalam situasi yang menyenangkan. Dengan demikian penggunaan media komik dan metode Snowball Drilling dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas. Pertanyaan penelitian dlama tesis ini adalah : (1) Bagaimana konsep media komik dengan metode Snowball Drilling pada mata pelajaran IPA Kelas III MI Karanggandu dan MI Plus Watulimo?, (2) Bagaimana bentuk pelaksanaan media komik dengan metode Snowball Drilling pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Karanggandu dan MI Plus Watulimo?, (3) Bagaimana motivasi peserta didik dengan menggunakan media komik dengan metode Snowball Drilling pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Karanggandu dan MI Plus Watulimo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) konsep media komik dengan metode Snowball Drilling pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Karanggandu dan MI Plus Watulimo (2) bentuk pelaksanaan media komik dengan metode Snowball Drilling pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Karanggandu dan MI Plus Watulimo, (3) motivasi peserta didik dengan menggunakan media komik dengan metode Snowball Drilling pada mata pelajaran IPA kelas III di MI Karanggandu dan MI Plus Watulimo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya di MI Karanggandu dan MI Plus Watulimo. Data dan sumber data: 1. Primer : kepala sekolah, guru, dan peserta didik; 2. Sekunder: dokumentasi serta arsip-arsip. Pengumpulan data penelitian ini dengan observasi partisipan, wawancara mendalam serta teknik dokumentasi. Pengecekan data kembali dengan triangulasi, perpanjangan kehadiran, dan diskusi teman sejawat. Untuk analisis data penelitian ini menumpulkan data kemudian direduksi, penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1) media komik dengan metode snowball drilling merupakan perpaduan antara media dengan metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar, mengecek tingkat pemahaman, keaktifan serta menguatkan pengetahuan yang diperoleh dari bacaan. Penggunaan media dan metode snowball drilling menyajikan informasi dari dua arah, yaitu informasi dari guru juga informasi dari peserta didik melalui trial and error. Selain itu metode ini membutuhkan fokus yang tinggi dari peserta didik terhadap proses pembelajaran agar tidak terulang kesalahan yang sama seperti peserta didik yang lain. (2) media komik sains dengan metode snowball drilling dilaksanakan dengan beberapa tahap: pembagian komik sains, membaca komik sains, penambahan materi yang tidak terdapat dalam komik, tanya jawab dengan permainan bola, penarikan kesimpulan. (3) motivasi belajar peserta didik dapat dilihat dari beberapa indikator yang ditemukan: rasa ingin tahu yang tinggi, ketekunan dalam belajar, minat dalam pembelajaran, berprestasi dalam belajar, bertanggung jawab atas perbuiatannya dalam kinerja, mandiri dalam belajar, ulet dalam ;menghadapi tugas, inovatif dan efisien.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > PGMI |
Depositing User: | 17505164012 BADI`ATUS SURURIYAH |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:24 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48551 |
Actions (login required)
View Item |