ANGGIA EKA SUSILOWATI, 126207203080 (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Anggia Eka Susilowati, NIM 126207203080, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag., NIP 196512152003122001. Kata kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Kualitas Pembelajaran. Sarana dan prasarana sekolah yang memadai sangat penting bagi keberlangsungan lembaga pendidikan. Namun, 5,57% ruang kelas SMP di Indonesia rusak berat, menghambat belajar dan mengancam keselamatan. Manajemen yang efektif dan upaya bersama dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat diperlukan untuk memperbaiki sarana dan prasarana agar semua siswa mendapat pendidikan berkualitas. Fokus dari penelitian ini mencakup: 1) Untuk mengetahui perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 3 Kedungwaru. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 3 Kedungwaru Negeri 3 Kedungwaru. 3) Untuk mengetahui pengawasan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 3 Kedungwaru Negeri 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta objek penelitian di SMP Negeri 3 Kedungwaru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis sesuai tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yakni kredibilitas dengan metode ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, pemeriksaan sejawat, dan perpanjangan pengamatan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan sarana dan prasarana disesuaikan dengan skala prioritas, menggunakan sumber dana dari Bantuan Operasional Sekolah, hibah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Block Grant, serta sumbangan siswa dan guru yang dilaporkan melalui Data Pokok Pendidikan dan disesuaikan dengan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah. 2) Pengadaan, inventarisasi, dan pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan dengan analisis kebutuhan dan Rencana Pengembangan Sekolah via Data Pokok Pendidikan oleh petugas penerima barang serta pemeliharaan rutin, darurat, dan preventif oleh petugas khusus, waka sarpras, dan staf administrasi, dengan penggunaan dan pemeliharaan yang dikelola sesuai Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah dan belum ada rencana penghapusan, serta kerusakan didokumentasikan dan diperbaiki sesuai tingkatnya. 3) Pengawasan sarana dan prasarana dilakukan oleh kepala sekolah dan dinas pendidikan melalui monitoring, cek fisik, dan rapat koordinasi, dengan kendala pendanaan diatasi melalui pengalihan anggaran untuk kebutuhan mendesak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203080 ANGGIA EKA SUSILOWATI |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 07:54 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 07:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48571 |
Actions (login required)
View Item |