SHIFA NURIL MAHFUDZOH, 126205203231 (2024) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (205kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (264kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Melalui Program Adiwiyata di MIN 5 Tulungagung” ditulis oleh Shifa Nuril Mahfudzoh, NIM 126205203231, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Etty Zakiya Pratiwi, M.Pd. Kata Kuci: Peran Guru, Karakter, Program Adiwiyata Guru memiliki pengaruh yang besar dalam menanamkan nilai kebaikan dan karakter yang baik terhadap keberhasilan wawasan dan sikap peserta didik. Bimbingan yang diberikan guru juga perlu diberikan pada perilaku baik dan sadar akan tanggung jawabnya kepada lingkungan. Pembentukan karakter tidak sepenuhnya berasal dari bakat atau naluri bawaan, akan tetapi berasal dari proses pendidikan yang dilakukan secara terus menerus. Wujud pemerintah peduli dengan karakter terhadap lingkungan di wujudkan melalui program Adiwiyata. Penelitian ini di dasari oleh banyaknya perilaku yang menyimpang dan menimbulkan kerusakan lingkungan, sehingga MIN 5 Tulungagung ikut andil dalam membentuk karakter melalui program Adiwiyata. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata di MIN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter tanggung jawab melalui program Adiwiyata di MIN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter kreatif melalui program Adiwiyata di MIN 5 Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata di MIN 5 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter tanggung jawab melalui program Adiwiyata di MIN 5 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter kreatif melalui program Adiwiyata di MIN 5 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru dalam membentuk karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata sudah dijalankan di MIN 5 Tulungagung. Peran guru tersebut yaitu menjadi suri tauladan dan panutan untuk peserta didik dalam tindakan peduli lingkungan. Kegiatan dalam rangka membentuk karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata ini dilaksanakan melalui modul ajar yang diintegrasikan dengan lingkungan, kegiatan memilah sampah sesuai jenisnya, kegiatan rutin bersih pagi sebelum pembelajaran, pengurangan penggunaan plastik dan kegiatan partisipatif yang dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai pihak, utamanya DLH (Dinas Lingkungan Hidup). (2) Peran guru dalam membentuk karakter tanggung jawab melalui program Adiwiyata sudah dijalankan di MIN 5 Tulungagung. Peran guru tersebut yaitu membimbing dan mengarahkan peserta didik melalui peringatan, petunjuk, dorongan, dan semangat. Kegiatan dalam rangka membentuk karakter tanggung jawab melalui program Adiwiyata ini dilaksanakan melalui kegiatan piket kelas, aksi hemat energi, dan proyek lingkungan mandiri. (3) Peran guru dalam membentuk karakter kreatif melalui program Adiwiyata xixsudah dijalankan di MIN 5 Tulungagung. Peran guru tersebut sebagai fasilitator dalam menyediakan sumber daya dan alat yang diperlukan untuk kreativitas peserta didik. Kegiatan dalam rangka membentuk karakter kreatif melalui program Adiwiyata ini dilaksanakan melalui kegiatan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) yang dikembangkan melalui program P5 yaitu ecobrick, dan mengolah limbah plastik menjadi barang bernilai guna
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203231 SHIFA NURIL MAHFUDZOH |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 07:05 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48581 |
Actions (login required)
View Item |