ALHANI NOVITASARI, 126208201017 (2024) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII DI MTs MA'ARIF BAKUNG UDANAWU. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (474kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu” ditulis oleh Alhani Novitasari, NIM. 126208201017, dosen pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Buku Petunjuk Praktikum, Pencemaran Lingkungan, Kemampuan Berpikir Kritis. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan ilmu yang mempelajari sesuatu berkaitan dengan alam dengan memperhatikan prosesnya lebih jauh. IPA menjadi mata pelajaran yang berperan penting dalam mengembangkan keseluruhan aspek mulai dari kognitif, afektif, dan psikomotor. Namun, dalam praktiknya pembelajaran IPA di sekolah masih dianggap sulit bagi sebagian siswa karena keterbatasan metode dan media, sehingga membuat siswa menjadi pasif. Kegiatan praktikum merupakan bagian dari proses pembelajaran yang dapat mengajak siswa mengamati masalah secara langsung sehingga dapat mengajak mereka untuk aktif berpikir lebih kritis. Pelaksanaan praktikum lebih efektif jika ditunjang dengan buku petunjuk praktikum. Hal ini selaras dengan pembelajaran IPA materi Pencemaran Lingkungan di MTs Ma’arif Bakung Udanawu yang membutuhkan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibuktikan dari hasil angket analisis kebutuhan bahwa 78,1% atau lebih dari setengah siswa memerlukan bahan ajar tambahan berupa buku petunjuk praktikum Penelitan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil pengembangan buku petunjuk praktikum Pencemaran Lingkungan, (2) mendeskripsikan hasil kevalidan buku petunjuk praktikum Pencemaran Lingkungan, (3) mendeskripsikan hasil kepraktisan buku petunjuk praktikum Pencemaran Lingkungan, serta (4) mendeskripsikan hasil keefektifan buku petunjuk praktikum Pencemaran Lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Implementasi dilakukan menggunakan desain one group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan instrument angket, pedoman wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui (1) hasil produk buku petunjuk praktikum memuat cover depan, kata pengantar, tata tertib praktikum, format laporan praktikum, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, topik praktikum (IPK, dasar teori, tujuan praktikum, alat dan bahan, prosedur/langkah kerja, tabel hasil pengamatan, diskusi, kesimpulan, serta penugasan), daftar rujukan, profil penulis, dan cover belakang. (2) hasil kevalidan dari ahli materi mendapat skor 98,8% (sangat valid) dengan revisi berupa penambahan kutipan. Ahli media mendapat skor 93,3% (sangat valid) dengan revisi ukuran penulisan judul pada cover. Praktisi pendidik mendapat skor 80% (cukup valid) dengan revisi penggantian alat P.M 2,5 dan amtast 7252 menjadi kertas lakmus. (3) hasil kepraktisan dari uji keterbacaan mendapatkan skor 88,5% yang menunjukkan tingkat kepraktisan sangat tinggi. (4) hasil keefektifan berasal dari implementasi produk pada siswa menunjukkan nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < dari 0,05 yang berarti buku petunjuk praktikum Pencemaran Lingkungan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa sehingga produk buku petunjuk praktikum Pencemaran Lingkungan efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Biologi > Lingkungan Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran Pendidikan > Sumber Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208201017 ALHANI NOVITASARI |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 07:57 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48603 |
Actions (login required)
View Item |