KEBIJAKAN RESPONSIF TRANSFORMASI DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN (Studi Multisitus MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek )

NUURUN NAHDIYYAH KARUNIA YULIASTIN, 129501203028 (2024) KEBIJAKAN RESPONSIF TRANSFORMASI DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MUTU LULUSAN (Studi Multisitus MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek ). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Disertasi dengan judul “ Kebijakan Responsif Transformasi Digital dalam Mengembangakan Mutu Lulusan (Studi Multisitus di MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek)” ini ditulis oleh Nuurun Nahdiyyah Karunia Yuliastin dengan Promotor Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag dan Prof. Dr. Ngainun Na’im, M.Hi. Mutu pendidikan Indonesia hingga saat ini masih bertempat pada posisi yang relatif rendah jika dibandingkan dengan negara–negara serumpun. Hal ini dikarenakan bukan karena standar nasional pendidikan yang kurang berkualitas namun pada pemenuhan dan implementasi standar nasional pendidikan yang belum berjalan secara maksimal. Pada sisi lain perkembangan dunia digital sudah merajai seluruh aspek baik ekonomi, hiburan, dan transportasi, bahkan dalam dunia pendidikan efek pandemi proses belajar mengajar juga dipaksa menggunakan digital. Demikian karena dunia sudah memasuki Era Society 5.0. Di mana aktivitas sosial seluruhnya akan direkam menggunakan platfom digital. Berangkat dari fenomen tersebut maka penting penelitian ini dilakukan. Penelitian ini fokus pada proses konsep kebijakan responsif transformasi digital, persepsi, implementasi, dan implikasi dengan pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana konsep kebijakan responsif transformasi digital dalam mengembangkan mutu lulusan di MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek? 2) Bagaimana persepsi warga madrasah tentang kebijakan responsif transformasi digital dalam mengembangkan mutu lulusan di MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek? 3) Bagaimana implementasi kebijakan responsif transformasi digital dalam mengembangkan mutu lulusan di MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek? 4) Bagaimana implikasi kebijakan responsif transformasi digital dalam mengembangkan mutu lulusan di MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi multi situs. Data penelitian berupa konsep kebijakan responsif transformasi digital, persepsi, implementasi dan implikasi mutu lulusan. Sumber data didapat dari responsif madrasah yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah, tenaga pendidik, peserta didik, wali murid, dan dokumentasi madrasah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyebut: pertama, bahwa MTsN Kota Madiun telah menerapkan kebijakan responsif transformasi digital dalam mengembangkan mutu lulusan melalui SIM. Kebijakan responsif transformasi digital di MTsN 1 Trenggalek juga menerapkan implementasi sistem informasi manajemen. Kedua, persepsi masing-masing warga madrasah MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek dalam merespons transformasi digital sangat positif. Namun respons atas transformasi digital di MTsN Kota Madiun lebih kuat dibanding warga madrasah di MTsN 1 Trenggalek. Ketiga, implementasi kebijakan transformasi digital di MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek antara lain manajemen peserta didik, kurikulum, personalia, sarana dan prasarana, tata laksana pendidikan, pembiayaan, dan humas. Keempat, implikasi kebijakan responsif transformasi digital di MTsN Kota Madiun dan MTsN 1 Trenggalek mengarah pada tiga sasaran; administrasi pendidikan, mutu lulusan, dan kontrol budaya kerja. Kata Kunci: Kebijakan, Transformasi Digital, Mutu Lulusan, MTsN Kota Madiun, MTsN 1 Trenggalek

Item Type: Disertasi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 129501203028 NUURUN NAHDIYYAH KARUNIA YULIASTIN
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:37
Last Modified: 11 Jul 2024 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48624

Actions (login required)

View Item View Item