ANNISA RIF'ATUL HUSNIAH, 126209201041 (2024) HUBUNGAN LINGKUNGAN MADRASAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (749kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (535kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (556kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Annisa Rif’atul Husniah, 2024: Hubungan Lingkungan Madrasah Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Kata Kunci: lingkungan madrasah, motivasi belajar. Lingkungan madrasah memiliki peran yang sangat penting bagi siswa untuk mencapai prestasi belajarnya. Lingkungan madrasah yang aman, nyaman, dan tentram akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan bisa tercapai dengan baik. Pada dasarnya motivasi belajar setiap siswa tentu berbeda-beda. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk meneliti tentang Hubungan Lingkungan Madrasah Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu bagaimana hubungan lingkungan madrasah terhadap motivasi belajar siswa MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Kabupaten Tulungagung? Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan lingkungan madrasah terhadap motivasi belajar siswa MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi yang berjumlah 176 dengan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa dengan menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Random Sampling yang artinya sampel diambil secara acak sebanyak 20% dari jumlah populasi, sehingga semua siswa memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian yang diperoleh didasarkan pada uji hipotesis yang menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Adapun nilai yang diperoleh yaitu nilai correlation coefficient adalah 0,804 > 0,3291 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan madrasah terhadap motivasi belajar siswa MTs Sunan Kalijogo Rejosari Kalidawir Kabupaten Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209201041 ANNISA RIF'ATUL HUSNIAH |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 03:26 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 03:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48629 |
Actions (login required)
View Item |