RENATA PUPUT EMELIA, 126207201021 (2024) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI KEDISIPLINAN PADA PESERTA DIDIK MA DARUSSALAM NGESONG SENGON JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Pada Peserta Ddidik MA Darussalam Ngesong Sengon Jombang” ditulis oleh Renata Puput Emelia, NIM. 126207201021, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata Kunci: Manajemen, Ekstrakurikuler Pramuka, Nilai Kedisiplinan Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan dianggap sebagai cara preventif untuk membangun generasi penerus bangsa. Selain kegiatan kurikuler terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan prestasi dan karakter peserta didik, seperti halnya perihal kedisiplinan. Adapun kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat mendukung pembelajaran yang menyeimbangkan penguasaan, pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik. Oleh karena itu ekstrakurikuler pramuka membutuhkan manajemen yang baik, supaya proses kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan dapat berjalan maksimal dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada peserta didik MA Darussalam. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik MA Darussalam Jombang?, (2) Bagaimana pengorganisasian Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik MA Darussalam Jombang?. (3) Bagaimana pelaksanaan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik MA Darussalam Jombang?, (4) Bagaimana pengawasan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik MA Darussalam Jombang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik MA Darussalam Jombang, (2) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik MA Darussalam Jombang, (3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik MA Darussalam Jombang, (4) Untuk mendeskripsikan pengawasan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Nilai Kedisiplinan Pada Peserta Didik MA Darussalam Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) observasi partisipan, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada peserta didik MA Darussalam Jombang sudah dipersiapkan melalui konsep perencanaan yang matang agar program berjalan sesuai dengan yang diharapkan; (2) pengorganisasian manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada peserta didik MA Darussalam Jombang memerlukan keterlibatan kepala sekolah, pembina pramuka, pembina ekstrakurikuler. Pembina pramuka juga mengelompokkan pengurus sesuai dengan kemampuannya dalam organisasi pramuka; (3) pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada peserta didik MA Darussalam Jombang sebagian peserta didik lebih menyukai materi yang bersifat di luar ruangan (Outdoor). Aktivitas di luar ruangan ini memberikan pengalaman sekaligus tantangan tersendiri bagi peserta didik untuk meraih kesempatan dalam menjelajahi, mengembangkan keterampilan hidup di alam terbuka saat berjelajah; (4) pengawasan manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan nilai kedisiplinan pada peserta didik MA Darussalam Jombang ada dua macam evaluasi yakni evaluasi langsung keadaan di lapangan dan evaluasi pada dewan pengurus pramuka. pembina pramuka melakukan pengawasan dengan menjadi pembina apel satu atau dua kali, selama ekstrakurikuler pramuka tersebut pembina pramuka akan keliling untuk mengecek bagaimana keadaan, keberadaan anggota untuk dijadikan bahan evaluasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207201021 RENATA PUPUT EMELIA |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 04:08 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 04:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48646 |
Actions (login required)
View Item |