PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG

NABILA PUTRI MAREZA, 126205202111 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Mareza, Nabila Putri. 2024. “Pengembangan Media Diorama Siklus Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V di SDI Miftahul Huda Plosokandang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Diorama, Siklus Air, Hasil Belajar Pengembangan media pembelajaran diorama siklus air di SDI Miftahul Huda Plosokandang ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Tematik khususnya pada muatan IPA. Guru masih cenderung mengajar dengan menggunakan buku paket dan media berupa gambar, yang menyebabkan sebagian siswa kehilangan minat dan fokus dalam pembelajaran, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran yang tepat sebagai alat bantu yang dapat mendukung proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan analisis kebutuhan media pembelajaran diorama siklus air, 2) Mendeskripsikan desain media pembelajaran diorama siklus air, 3) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran diorama siklus air, 4) Mendeskripsikan implementasi uji coba media pembelajaran diorama siklus air dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang, dan 5) Mendeskripsikan evaluasi serta perbaikan terhadap kelemahan selama proses pengembangan media pembelajaran diorama siklus air untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, angket, dan tes (pre-test dan post-test). Uji coba pada penelitian ini dilaksanakan 2 kali, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian media diorama siklus air oleh validator dan respon siswa, yakni validasi oleh ahli media mendapat persentase 86,68% (sangat valid), ahli materi 80% (valid), ahli bahasa 100% (sangat valid), uji kelompok kecil 85,33% (sangat valid), dan uji coba kelompok besar 84,08% (sangat valid). Hasil rata-rata nilai pre-test adalah 58,41 dan rata-rata nilai post-test adalah 75,41. Selanjutnya dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan terakhir uji hipotesis yang mendapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima dengan kesimpulan media pembelajaran diorama efektif digunakan sebagai media pembelajaran siklus air untuk meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202111 NABILA PUTRI MAREZA
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:31
Last Modified: 16 Jul 2024 03:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48669

Actions (login required)

View Item View Item