IDA MAULUDYAH, 126205203210 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERMUATAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV DI MI AL HIDAYAH 2 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (669kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (495kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (706kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Komik Bermuatan Karakter Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Ida Mauludyah, NIM. 126205203210, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Media Komik, Karakter Profil Pelajar Pancasila, Materi Gaya Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru kelas IV MI Al Hidayah 2 Betak, IPA merupakan mata pelajaran inti di pembelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Hal ini dikarenakan minimnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi peneliti di kelas IV MI Al Hidayah 2 Betak ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPA materi gaya yaitu siswa kurang berminat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa, pembelajaran hanya menggunaan buku yang lebih banyak bacaanya dan tidak menggunakan media pembelajaran, serta pembelajaran cenderung pada penguasaan nilai-nilai kognitif saja, kurang dalam penanaman nilai-nilai karakter pada diri siswa. Pengembangan media pembelajaran berupa media komik bermuatan karakter profil pelajar pancasila perlu dilakukan agar tujuan pembelajaran terpenuhi dan proses pembelajaran lebih menarik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pengembangan media komik bermuatan karakter profil pelajar pancasila untuk siswa kelas IV MI Al Hidayah 2 Betak, (2) Mendeskripsikan keefektifan media komik bermuatan karakter profil pelajar pancasila untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al Hidayah 2 Betak, (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap media komik bermuatan karakter profil pelajar pancasila kelas IV MI Al Hidayah 2 Betak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu 1) Anaysis (analisis), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (impelentasi), 5) Evaluation (evaluasi). Hasil pengembangan ini berupa media komik bermuatan karakter profil pelajar pancasila mata pelajaran IPA materi gaya. Subjek uji coba penelitian ini merupakan siswa kelas IV MI AL Hidayah 2 Betak Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu nilai angket validasi data, angket respon siswa, dan hasil pretest-postest siswa serta data kualitatif yaitu kritik, saran, masukan dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, guru kelas IV dan respon siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: 1) Media komik bermuatan karakter profil pelajar pancasila dikembangkan dengan metode ADDIE (Anaysis, Design, Development, Impelentation, Evaluation) menggunakan apliaksi canva. Komponen yang terdapat dalam media komik meliputi sampul, halaman pengenalan tokoh, halaman kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran, halaman petunjuk penggunaan, halaman jalan cerita (pengantar dan isi materi), halaman ringkasan materi, halaman latihan soal, halaman kunci jawaban dan sumber rujukan, dan halaman profil penulis; 2) Media komik bermuatan karakter profil pelajar pancasila dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan uji keefektifan menggunakan hasil pre test dan post test didapatkan rata-rata nilai pre test sebesar 60 dan rata-rata nilai post test sebesar 82,2 dengan nilai selisih sebesar 22,2. Berdasarkan uji Paired T-Test diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 atau hasil yang diperoleh 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa media komik bermuatan profil pelajar pancasila efektif sebagai media pembelajaran untuk materi gaya; 3) Media komik bermuatan karakter profil pelajar pancasila mendaptkan respon yang positif berdasarkan hasil angket respon siswa mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan adalah 39,83 dengan presentase sebesar 88,56%. Adapun komentar dari siswa yaitu gambar-gambar pada komik terlihat bagus, tulisan pada komik jelas dan mudah dibaca, materi pada komik mudah dipahami, dan siswa termotivasi untuk menerapkan perilaku akhlak mulia dan gotong royong.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203210 IDA MAULUDYAH |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 02:59 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48670 |
Actions (login required)
View Item |