SISKA CHUSNIATUL MAGHFIROH, 126204201055 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (844kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Maghfiroh, Siska Chusniatul. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika, hal ini dikarenakan kurangnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan membuat kegiatan belajar mengajar hanya berpusat pada guru (teacher center). Sehingga diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya model Problem Based Learning (PBL). Model PBL merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir dan untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu, (2) untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain posttest only control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen VIII F dan kelas kontrol VIII G. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data adalah uji-t dan uji besar pengaruh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu berdasarkan analisis data menggunakan uji-t diperoleh 2,926 > 1,996 pada taraf signifikansi 5%, (2) Besar pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu berdasarkan nilai cohen’s d sebesar 0,7053 dengan kategori 76%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201055 SISKA CHUSNIATUL MAGHFIROH |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 04:51 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 04:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48677 |
Actions (login required)
View Item |