PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

NURLINA KARUNIA PUTRI, 126204202118 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Putri, Nurlina Karunia, 2024. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. PembimbingSkripsi: Dr. Musrikah,S.Pd.I.M,Pd Kata Kunci: Discovery Learning, Quizizz, Minat dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya monotonnya metode pembelajaran yang digunakan, kurangnya penggunaan media pembelajaran, rendahnya semangat siswa dalam bertanya dan mengerjakan soal matematika, hal ini meyebabkan rendahnya minat belajar siswa,Oleh sebab itu, peneliti menggabungkan dua pembelajaran penting yaitu model Discovery Learning dan media Quizizz yang dimana model Discovery learning ini membantu mendorong siswa mengeksplorasi dan menciptakan pemahaman sendiri sedangkan media Quizizz ialah media interaktif yang berguna untuk meningkatkan efektifitas siswa dan meningkatkan minat siswa Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. 3) Untuk Mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa Eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning yang berbantuan media Quizizz dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t untuk hipotesis 1 dan 2, sedangkan untuk uji hipotesis 3 menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2) Ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. nilai signifikasi sebesar sebesar 0,000 < 0,05. 3) Ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Hal ini dibuktikan bahwa pada kolom intercept nilai signifikansi Pillai’s Trace, Wilks’ Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root sebesar 0,000

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202118 NURLINA KARUNIA PUTRI
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:16
Last Modified: 16 Jul 2024 06:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48686

Actions (login required)

View Item View Item