IMPLEMENTASI KEGIATAN SOROGAN AL-QUR’AN UNTUK MEMBANTU KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTsN 4 TULUNGAGUNG

GALIH ARDIYAN DWI ANDIKA, 126201202176 (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN SOROGAN AL-QUR’AN UNTUK MEMBANTU KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Kegiatan Sorogan Al-Qur’an Untuk Membantu Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa di MTsN 4 Tulungagung” yang ditulis oleh Galih Ardiyan Dwi Andika, NIM 126201202176. Dosen Pembimbing Ikfi Khoulita, M.Pd.I Kata kunci : Sorogan, Al-Qur’an, Kesulitan membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi masih terdapatnya siswa MTsN 4 Tulungagung yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Secara umum, orang akan beranggapan bahwa siswa yang bersekolah di MTs sudah dapat membaca Al-Qur’an dengan baik. Karena, MTs adalah sekolah yang menekankan pada pendidikan agama Islam. Untuk mengatasi masalah tersebut, MTsN 4 Tulungagung membentuk sebuah program yang dinamakan bengkel ngaji yang bertujuan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca AlQur’an. Peneliti ingin meneliti bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari program tersebut. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi kegiatan sorogan Al-Qur’an untuk membantu kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung? adapun tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi kegiatan sorogan Al-Qur’an untuk membantu kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa di MTsN 4 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan Jenis penelitian studi kasus. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam menganalisis data penelitian menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekukan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan awal dari implementasi kegiatan sorogan Al-Qur’an ini adalah guru menyiapkan materi pembelajaran sorogan Al-Qur’an, penyusunan jadwal dan penyediaan tempat untuk pelaksanaan kegiatan sorogan Al-Qur’an. Siswa diberikan tes baca tulis Al-Qur’an setelah lulus dalam seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB). Siswa yang dianggap masih mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an selanjutnya didata dan diberikan pembelajaran di program bengkel ngaji ini. (2) Pelaksanaan program bengkel ngaji ini menggunakan metode sorogan secara private. Yaitu, siswa menghadap guru penyorog satu persatu secara bergantian untuk membacakan kitabnya. Jadi, tidak dilakukan secara klasikal (bersama-sama). Motivasi dari guru juga sangat diperlukan, karena siswa memiliki karakter yang berbeda beda. Ada yang rajin dan ada juga yang kurang rajin. Adakalanya siswa merasa bosan untuk belajar. Motivasi dari guru dapat meningkatkan kembali gairah belajar pada ssiswa. (3) Evaluasi kegiatan sorogan Al-Qur’an ini dilakukan pada setiap pertemuan, yaitu pada saat siswa membacakan kitabnya. Jika terdapat kesalahan pada saat siswa membaca, maka guru penyorog akan langsung memberikan koreksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202176 GALIH ARDIYAN DWI ANDIKA
Date Deposited: 20 Jul 2024 08:11
Last Modified: 20 Jul 2024 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48746

Actions (login required)

View Item View Item