IMPLEMENTASI METODE AMSILATI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI SMP ISLAM MIA TULUNGAGUNG

RIZQI NAHRU FADLULLOH, 126201202106 (2024) IMPLEMENTASI METODE AMSILATI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI SMP ISLAM MIA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Amtsilati Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Smp Islam MIA Tulungagung” ditulis oleh Rizqi Nahru Fadlulloh. NIM 126201202106. Selaku mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Metode Amsilati, Kitab Kuning Berdasarkan konteks penelitian bahwasannya minat memahami kitab kuning ini semakin terjadi penurunan, salah satunya terlihat dari frekuensi pengajaran kitab kuning di Indonesia yang tergolong rendah, ditinjau dari kitab-kitab pilihan Kyai maupun dari kitab pilihan santri. Salah satu penyebab penurunan minat memahami dalam penerapan pembelajaran kitab kuning masih ditemukan kesulitan-kesulitan belajar peserta didik, karena kitab kuning mayoritas tidak ada arti dan harakatnya. Salah satu penanganan untuk meningkatkan minat terhadap kitab kuning adalah dengan memberikan suatu metode pembelajaran yang cepat dan mudah untuk dipahami maupun di terapkan, salah satunya dengan mengunakan metode amsilati. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan metode amsilati dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Islam MIA Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan metode amsilati dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Islam MIA Tulungagung ? (3) Apa faktor penghambat dalam pelaksanaan metode amsilati dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Islam MIA Tulungagung ? (3) Apa farkor pendukung dalam pelaksanaan metode amsilati dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Islam MIA Tulungagung ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Perencanaan, pelaksanaan, faktor penghambat, faktor pendukung metode amsilati dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Islam MIA Tulungagung. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif, jenis metode studi kasus, dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti memanfaatkan sumber data yaitu person, place, paper. Tehnik analisis data menggunakan tahnik analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan tehnik kredibilitas data dengan cara perpanjangan keikutsertaan, triangulasi data serta ketekunan keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Perencanaan metode amsilati dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Islam MIA Tulungagung dirancang dalam sebuah RPP atau rancangan pedoman pembelajaran yang berisikan tentang perumusan tujuan, penentuaan tehnik pembelajarannya, penentuan sumber, media dan materi, penentuan waktu, sarana dan prasarana dan tujuh langkah-langkah pelaksanaan yang dikemas dalam tiga kegiatan. (2) Pelaksanaan metode amsilati dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Islam MIA Tulungagung dengan kegiatan berdasarkan tujuh langkah ya yang dikemas menjadi tiga kegiatan, berupa kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (3) Faktor Penghambat metode amsilati dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Islam MIA Tulungagung dikarenakan minatnya siswa yang kurang, dari segi kesehatan yang terkadang ada siswa yang kurang sehat, daya konsentrasi siswa dan tenaga guru yang sudah turun karena pelaksanaan dailakukan pada siang hari sepulang sekolah. (4) Faktor pendukung metode amsilati dalam pembelajaran kitab kuning di SMP Islam MIA Tulungagung berupa semangat siswa, juga kedisiplinan siswa dan keluwesan guru dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202106 RIZQI NAHRU FADLULLOH
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:19
Last Modified: 22 Jul 2024 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48750

Actions (login required)

View Item View Item