MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

AZKA ALFI NURUS SA'ADAH, 126207202043 (2024) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER. .pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Azka Alfi Nurus Sa'adah. 2024. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs PSM Tanen”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd Kata Kunci: Manajemen Kelas, Motivasi Belajar Penelitian ini membahas mengenai manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Manajemen kelas merupakan upaya yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan untuk memotivasi siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. maka dari itu motivasi belajar ini juga dipengaruhi oleh manajemen kelas yang baik sehingga kedua kondisi ini saling berhubungan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? (4) Bagaimana hasil manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini yakni: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. (4) Untuk mendeskripsikan manajemen kelas dalam meningkatan motivasi belajar siswa di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknis analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs PSM Tanen dilakukan dengan melakukan rapat bersama mempersiapkan perangkat pembelajaran, perencanaan pengaturan ruang kelas, menyusun rencana interaksi belajar mengajar agar tidak hanya guru yang mendominasi di kelas. (2) Pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs PSM Tanen yakni: a) Menggunakan RPP sebagai acuan guru b) Menciptakan iklim belajar yang tepat c) Mengatur ruang kelas d) Mengelola interaksi belajar mengajar. (3) Evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs PSM Tanen. a) Melakukan supervisi setiap 6 bulan sekali dan melakukan koordinasi bersama para guru setiap satu pekan sekali untuk mengetahui kondisi kelas dan siswa. b) Untuk mengevaluasi pembelajaran siswa, beberapa guru menerapkan remidi, perbaikan dan pengayaan bagi siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran agar mereka tau dimana kekurangan yang harus diperbaiki.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207202043 AZKA ALFI NURUS SA'ADAH
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:18
Last Modified: 23 Jul 2024 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48755

Actions (login required)

View Item View Item