WIDYA NURTRIANINGSIH, 126201203319 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDIDIK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (986kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar”, ini ditulis oleh Widya Nurtrianingsih, NIM 126201203319, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Moh. Mashudi M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Karakter Peduli Lingkungan Karakter peduli lingkungan merupakan watak atau kepribadian seseorang untuk menjaga lingkungan, dengan peduli terhadap lingkungannya dapat mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitar. Dalam mendidik karakter peduli lingkungan siswa membutuhkan peran dari berbagai pihak. Salah satu yang berperan ini adalah guru. Guru diharapkan dapat memberikan nasihat, arahan, bimbingan kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Oleh sebab itu, peran guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam mendidik karakter peduli lingkungan peserta didik. Fokus penelitian skripsi ini (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai organisator dalam mendidik karakter peduli lingkungan peserta didik di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam mendidik karakter peduli lingkungan peserta didik di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pembimbing dalam mendidik karakter peduli lingkungan peserta didik di UPT SMP Negeri 3 Srengat Blitar?. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui keterpercayaan: perpanjangan waktu penelitian, menambah referensi, diskusi dengan teman sejawat, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik. Tahap penelitian berupa persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian: (1) Peran guru PAI sebagai organisator dalam mendidik karakter peduli lingkungan peserta didik diwujudkan guru PAI mengorganisasikan kegiatan yang ada di sekolah, mulai dari menyusun kalender akademik, modul ajar, dan menyusun kontrak belajar yang harus dipatuhi siswa di dalam kelas. Guru PAI juga mengelola kegiatan akademik salah satunya kegiatan Yasinan, Jum’at bersih dan Pokja serta mengelola proses pembelajaran dengan baik. (2) Peran guru PAI sebagai motivator dalam mendidik karakter peduli lingkungan peserta didik diwujudkan dengan guru PAI memberikan semangat, motivasi, nasihat dan pembiasaan sebelum memulai pembelajaran. (3) Peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mendidik karakter peduli lingkungan peserta didik diwujudkan dengan guru PAI memberikan contoh dan praktik langsung kepada peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203319 WIDYA NURTRIANINGSIH |
Date Deposited: | 20 Jul 2024 08:25 |
Last Modified: | 20 Jul 2024 08:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48758 |
Actions (login required)
View Item |