NAILA LAILATUL HUSNA, 126204202111 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA APLIKASI TIKTOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (673kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (651kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (467kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran pada Aplikasi Tiktok terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MTs Darussalam Kademangan Blitar” ditulis oleh Naila Lailatul Husna, NIM 126204202111, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Video Pembelajaran, aplikasi tiktok, motivasi belajar, hasil belajar Motivasi belajar berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Motivasi belajar yang baik dapat menumbuhkan potensi-potensi yang mendukung terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Sebaiknya, kurangnya motivasi belajar pada diri siswa akan menyebabkan penurunan hasil belajar. Untuk menanggulangi rendahnya motivasi belajar ini, perlu didukung dengan penggunaan media pada kegiatan pemelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan berupa video pembelajaran yang bisa didapat dari berbagai platform. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran pada aplikasi tiktok terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran pada aplikasi tiktok terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar, 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran pada aplikasi tiktok terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar, 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran pada aplikasi tiktok terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, populasi pada penelitian ini adalah siswa keals VII MTs Darussalam Kademangan yang berjumlah 180 siswa. Untuk sampel yang digunakan berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Untuk teknik uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t-sampel bebas dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran pada aplikasi tiktok terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar yang dibuktikan dengan uji t-sampel bebas dengan nilai output 0,039 ≤ 0,05 berarti terima H1, 2) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran pada aplikasi tiktok terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar yang dibuktikan dengan uji t-sampel bebas dengan nilai output 0,039 ≤ 0,05 berarti terima H1 3) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran pada aplikasi tiktok terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darussalam Kademangan Blitar yang dibuktikan dengan uji manova dengan nilai ouput 0,048 ≤ 0,05 berarti terima H1.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202111 NAILA LAILATUL HUSNA |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:33 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48773 |
Actions (login required)
View Item |