FAISAL MAULANA PUTRA, 126209201029 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MA SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ini ditulis oleh Faisal Maulana Putra, NIM. 126209201029, Pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Latar belakang Penelitian ini adalah kurangnya partisipasi siswa dan kejenuhan dengan sistem pembelajaran yang monoton sehingga siswa kurang dalam memahami konsep-konsep ekonomi yang abstrak dan kompleks. Dari permasalahan tersebut dapat diketahui bahwa penyebab dari minimnya aktivitas dan umpan balik siswa salah satunya yakni kurangnya motivasi belajar. Pengembangan model-model pembelajaran dirasa perlu karena dapat memberi peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti yaitu model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dengan menggunakan TTS. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan permainan TTS terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri?; (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan permainan TTS terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan permainan TTS terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri; (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan permainan TTS terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis asosiatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 141 siswa. Kemudian teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil dari uji hipotesis maka didapatkan hasil sig = 0,000 (0,000 < 0,05) sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh penggunaan model pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi; (2) Berdasarkan uji hipotesis maka didapatkan nilai (R) sebesar 0,652, menunjukan bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang kuat. Sementara nilai R Square sebesar 42,5% sedangkan 57,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Depositing User: | 126209201029 FAISAL MAULANA PUTRA |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 12:29 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 12:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48806 |
Actions (login required)
View Item |