PERAN K.H. ZEN MASRUR DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL KAMAL BLITAR 1969– 1999

SITBRI GURUNG, 126307202050 (2024) PERAN K.H. ZEN MASRUR DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN AL KAMAL BLITAR 1969– 1999. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Peran K.H. Zen Masrur dalam sistem pendidikan di pondok pesantren Al Kamal 1969-1999. Kyai Zen Masrur merupakan salah satu kyai serta pengasuh di PPTA yang ikut andil dalam berkembangnya PPTA. Peran kyai Zen Masrur selain mengajar di pondok pesantren dan sekolah formal, kyai Zen Masrur juga tokoh masyarakat yang suka menampung usulan dari masyarakat desa Kunir. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui sistem pembelajaran di pondok pesantren terpadu Al Kamal dari yang awalnya sorogan dan bandungan menjadi salafi murni dan kemudian diubah menjadi terpadu. Kedua, untuk mengetahui biografi dan apa saja kontribusi kyai Zen Masrur saat ikut andil dalam sistem pendidikan di pondok pesantren terpadu Al Kamal. Selain mengajar, kyai Zen Masrur juga menjadi tokoh masyarakat dan berjiwa sosial yang tinggi seperti suka menerima usulan masyarakat dan bijaksana. Dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat yaitu heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran data) dan yang terakhir historiografi (penulisan sejarah). Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa kyai Zen Masrur memiliki peran sebagai berikut. Pertama, dalam pendidikan di pondok pesantren terpadu Al Kamal sebagai pengasuh dan mengajar ilmu agama Islam. Kedua, peran dalam mengajar di sekolah formal milik pondok pesantren terpadu Al Kamal. Ketiga, peran dalam tokoh sosial-keagamaan seperti dalam bidang dakwah dan menampung aspirasi atau usulan dari masyarakat desa Kunir. Kata Kunci: Al Kamal, Kyai Zen Masrur, Pendidikan, Terpadu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Ulama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: 126307202050 SITBRI GURUNG
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:24
Last Modified: 31 Jul 2024 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48825

Actions (login required)

View Item View Item