الاستراتيجية في تعليم مهارة القراءة في اللغة العربية باستخدام بطاقات مطابقة الفهرس (INDEX CARD MATCH) لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الاسلامية سونان كاليجوغو (KALIJOGO), كديري (KEDIRI) سنة ٢٠٢٤ م

ULIFATU SALSABILA, 126202202065 (2024) الاستراتيجية في تعليم مهارة القراءة في اللغة العربية باستخدام بطاقات مطابقة الفهرس (INDEX CARD MATCH) لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الاسلامية سونان كاليجوغو (KALIJOGO), كديري (KEDIRI) سنة ٢٠٢٤ م. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (697kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Keterampilan Membaca Dalam Bahasa Arab dengan Index Card Match Pada Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri Tahun 0202”, yang ditulis oleh Ulifatu Salsabila, NIM 50202002021, jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Muhamad Asngad Rudisunhaji, S.Ag., M.S.I., NIP. 50512502022155222. Kata Kunci : strategi pembelajaran, maharah qiroah, index card match Latar belakang dari penelitian ini yaituMaharah qiroah merupakan salah satu dari empatmaharah yang ada dalam pembelajaran bahasa arab, dimana maharah qiroah ini merupakan modal dasar yang penting untuk menunjang keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena pada setiap muatan pembelajaran tidak terlepas dari maharah qiroah.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, maharah qiroah pada siswa kelas 8di mts sunan kalijogo kediri masih mengalami beberapa kesulitan. Untuk itu, peneliti ingin menciptakan suasana kegiatan dalam pembelajaran bahasa arab khususnya maharahqiroah yang lebih menarik dengan strategi pembelajaran maharah qiroah dalam bahasa arab dengan bantuan index card match agar siswa lebih bersemangat dalam mengasah kemampuan membacanya. Adapun rumusan masalahnya yaitu 5) Bagaimana proses strategi pembelajaran keterampilan membaca dalam bahasa Arab dengan index card match pada kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri tahun 0202?, 0) Bagaimana hasil belajar keterampilan membaca dalam bahasa Arab dengan index card match pada siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri tahun 0202?. Sedangkan untuk metodologi penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkanprosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data yang di analisis tersebut akan di uji keabsahannya dengan trianggulasi, memperpanjang waktu kehadiran, dan meningkatkan ketekunan. Adapun hasil penelitiannya yaitu5) Pelaksanaan strategi strategi pembelajaran maharah qiroah pada bahasa arab dengan index card match pada kelas 8mts sunan kalijogo kediri berjalan dengan sangat baik. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam proses pelaksanaan strategi ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 0) Hasil belajar pada pembelajaran keterampilan membaca pada bahasa Arab dengan index card matchpada siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kediri memberikan dampak yang positif. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan siswa yaitu dapat membaca baik secara keras maupun dalam hati, kemudian memahami, dan menjelaskan apa yang sudah dibaca didepan kelas. Hal ini dapat dilihat ketika proses index card match, dimana siswa mendapat kartu kemudian membacanya dan mencoba memahami soal atau jawaban kartu yang didapat dan mencari pasangan kartunya. Kemudian maju kedepan bersama pasangannya untuk membacakan kartu yang telah didapatkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202202065 ULIFATU SALSABILA
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:40
Last Modified: 22 Jul 2024 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48866

Actions (login required)

View Item View Item