KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

LULUK CHIFTIYAH, 126207203096 (2024) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (565kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMPN 1 Sumbergempol” ditulis oleh Luluk Chiftiyah, NIM. 126207203096, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulla Tulungagung. Pembimbing Dr. Hj. Luluk Indarti, Sag., M. Pd.I. Kata Kunci: Kepemimpinan Tranformasional, Kepala Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah Penelitian ini dilatarbelakangi Manajemen berbasis sekolah merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Konsep ini memberikan kewenangan yang lebih besar kepada sekolah untuk mengatur dan mengelola sumber daya yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan dan prioritas sekolah. Namun, implementasi manajemen berbasis sekolah tidak akan berjalan optimal tanpa adanya kepemimpinan yang kuat dan efektif dari kepala sekolah. Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana perencanaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMPN 1 Sumbergempol ?, (2) Bagaimana pelaksanaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMPN 1 Sumbergempol ?, (3) Bagaimana dampak kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMPN 1 Sumbergempol ?. Penelitian ini menggunakan jenis pnelitian kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) observasi non�partisipan, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dan kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMPN 1 Sumbergempol dalam implementasi manajemen berbasis sekolah melibatkan semua pemangku kepentingan dalam menyusun visi, misi, dan tujuan sekolah, memotivasi staf, mengidentifikasi kebutuhan sumber daya, menyusun strategi untuk mengatasi tantangan, dan mempersiapkan implementasi kurikulum dengan baik. (2) Pelaksanaan kepemimpinan transformasional SMPN 1 Sumbergempol dalam implementasi manajemen berbasis sekolah dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara kolaboratif, mendorong inovasi dan kreativitas, menciptakan lingkungan kerja kondusif, dan mengelola konflik dengan adil, (3) Dampak kepemimpinan transformasional di SMPN 1 Sumbergempol telah menghasilkan peningkatan dalam kualitas pendidikan, prestasi siswa, kinerja guru dan staf, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat melalui implementasi manajemen berbasis sekolah yang efektif

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207203096 LULUK CHIFTIYAH
Date Deposited: 22 Jul 2024 05:04
Last Modified: 22 Jul 2024 05:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48907

Actions (login required)

View Item View Item