ERNITA SARI, 126201202129 (2024) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMAN 1 MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (795kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMAN 1 Mojo Kediri” ini ditulis oleh Ernita Sari, NIM 126201202129, dengan pembimbing Bapak Muhammad Sulthon Aziz Lc.,M.H Kata Kunci: Kompetensi guru PAI, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang tidak hanya terbatas pada pengetahuan agama, tetapi juga mencakup aspek kepribadian dan sosialnya yang dapat mempengaruhi karakter religius siswa. Guru pendidikan agama Islam yang memiliki kompetensi yang mumpuni dalam kedua aspek kepribadian dan sosial ini akan lebih efektif dalam membimbing dan mengantarkan siswanya untuk menjadi pribadi yang religius dan berkarakter mulia. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembentukan karakter religius siswa di SMAN 1 Mojo Kediri?. 2) Bagaimana kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembentukan karakter religius siswa di SMAN 1 Mojo Kediri? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi kepribadian yang dimiliki guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembentukan karakter religius siswa di SMAN 1 Mojo Kediri. 2) Untuk mendeskripsikan kompetensi sosial yang dimiliki guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembentukan karakter religius siswa di SMAN 1 Mojo Kediri. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembentukan karakter religius siswa di SMAN 1 Mojo yaitu menjadi teladan bagi siswa, menjalin komunikasi yang baik, melatih tanggung jawab, berdisiplin. 2) kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dalam proses pembentukan karakter religius siswa di SMAN 1 Mojo yaitu membangun hubungan sosial yang baik, menciptakan lingkungan yang inklusif, memotivasi siswa untuk selalu berbuat kebaikan, aktif berpartisipasi dalam kegiatan disekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202129 ERNITA SARI |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:35 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48915 |
Actions (login required)
View Item |