APRILIA NUR DIANA, 126303202046 (2024) AKTUALISASI SYUKUR PADA ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (750kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (571kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (450kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (490kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Pengalaman, rasa syukur, anak binaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ditemukan oleh peneliti yaitu anak yang berhadapan dengan hukum mempunyai pengalaman yang berbeda. Karena mereka harus mempertanggung jawabkan perilaku yang telah mereka lakukan sebelumnya. Setelah melakukan tindakan tersebut kebanyakan dari mereka mempunyai rasa penyesalan. Selain itu, mereka juga harus menyesuaikan diri dengan teman, lingkungan, serta kegiatan yang dilakukan di LPKA. Hal ini peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang syukur pada anak binaan di lembaga pembinaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktualisasi syukur melalui visi misi di LPKA Kelas I Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan aspek yang berkaitan dengan fakta yang diamati. Keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamat serta triangulasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa yang ditemukan peneliti berdasarkan wawancara yang telah dilaksanakan hasilnya anak binaan telah mampu menerapkan syukurnya. Disana juga terdapat pembinaan yang dilakukan oleh LPKA dan pembinaannya yaitu pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Pembinaan kepribadian dibagi menjadi 2 yaitu kepribadian intelektual seperti sekolah dan kepribadian kerohanian seperti sholat, tausiah, mengaji, madin. Serta pembinaan kemandirian seperti mengikuti berbagai pelatihan. Program pelatihan untuk memberikan pengalaman sekaligus keahlian bagi anak binaan yang tentunya berguna di dunia kerja. Sehingga dengan adanya pembinaan tersebut anak binaan bisa menerapkan syukur dengan hati, syukur dengan lisan, maupun syukur dengan perbuatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Tasawuf |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi |
Depositing User: | 126303202046 APRILIA NUR DIANA |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:39 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48992 |
Actions (login required)
View Item |