Strategi Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI) dalam Internalisasi Nilai-nilai Moral Keagamaan (Studi Multi Situs di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Sumbergempol)

SITI MUSYAROFAH, 1756144049 (2016) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI) dalam Internalisasi Nilai-nilai Moral Keagamaan (Studi Multi Situs di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Sumbergempol). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER CS.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Musyarofah, Siti. 2015. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI) dalam Internalisasi Nilai-nilai Moral Keagamaan (Studi Multi Situs di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Sumbergempol). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. H. Muwahid Sulhan, M.Ag, (2) Dr. H. Akhyak, M.Ag Kata Kunci: Strategi, Nilai Moral Keagamaan, PAI Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh internalisasi nilai-nilai moral keagamaan dalam proses pembelajaran merupakan bagian penting yang perlu dikembangkan agar ilmu yang diperoleh siswa lebih bermakna. Sehubungan dengan hal di atas, maka perlu adanya strategi untuk mencapai tujuan pendidikan agama Islam. Strategi pembelajaran PAI dalam internalisasi nilai-nilai moral keagamaan dikembangkan dalam pembelajaran PAI yang dituangkan melalui berbagai aktifitas di lembaga pendidikan dalam kesehariannya, baik dalam kegiatan yang bersifat kurikuler maupun ekstra kurikuler Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana strategi keteladanan (modeling) dalam internalisasi nilai-nilai moral di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Sumbergempol? 2) Bagaimana strategi penanaman Nilai Edukatif yang kontekstual dalam internalisasi nilai-nilai moral di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Sumbergempol? 3) Bagaimana strategi penguatan nilai-nilai yang ada dalam internalisasi nilai-nilai moral di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Sumbergempol? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Strategi keteladanan (modeling) dalam internalisasi nilai-nilai moral di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Sumbergempol dengan jalan: a) keteladanan internal (internal modelling). Strategi keteladanan internal dilakukan dengan memberikan contoh dalam proses pembelajaran ataupun program-program yang ada di sekolah. Untuk internalisasi nilai-nilai moral di lembaga ini ada yang dilaksanakan setiap hari dan ada yang dilaksanakan pada hari tertentu. Internalisasi nilai-nilai moral yang dilaksanakan setiap hari antara lain: membaca al-Qur’an tiap pagi hari, shalat dhuha yang dilaksanakan sebagian besar siswa pada saat istirahat dan Shalat Dhuhur berjama’ah yang dilaksanakan oleh para siswa dengan diimami oleh guru. dilaksanakan kegiatan mingguan yaitu Membaca Asmaul Husna, Jum’at beramal. Implementasi pengembangan internalisasi nilai-nilai moral berikutnya adalah dengan dilaksanakan kegiatan insidental atau temporal antaranya ada istighatsah, PHBI, kegiatan pesantren Ramadhan, halal bihalal, kegiatan Idul Adha dan sebagainya. b) keteladanan eksternal (external modelling) Keteladanan eksternal dilakukan dengan pemberian contoh-contoh yang baik dari para tokoh yang dapat diteladani yaitu dengan jalan pihak sekolahmenganjurkan untuk mensuri tauladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW yaitu shidiq, tablig, amanah dan fatonah, harus dijadikan pedoman untuk bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. dan juga tokoh-tokoh Islam lainnya agar senantiasa mengambil hikmah dalam setiap kisah para tokoh Islam untuk senantiasa berjuang di jalan Allah SWT. 2) Strategi penanaman Nilai Edukatif yang kontekstual dalam internalisasi nilai-nilai moral di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Sumbergempol yang sangat ditekankan: a) para siswa dan seluruh warga sekolah untuk mengartikulasikan visi dari sekolah yaitu mencetak siswa beriman, bertaqwa, berilmu, berprestasi dan berbudi luhur. b) Kepala SMPN 2 Sumbergempol memberikan kebijakan untuk memberikan kesempatan kepada semua pembina ekstrakurikuler untuk melakukan kegiatannya selama tidak mengganggu jam belajar sekolah, c) Menerapkan pembiasaan dalam pengembangan internalisasi nilai-nilai moral tersebut pada diri siswa. d) Memberikan keteladanan Keteladanan disini dimaksudkan agar seluruh warga sekolah mengikuti perbuatan dan tingkah laku yang dilakukan oleh pimpinan dan gurunya, 4) Kebersamaan dalam kegiatan membudayakan religius. 3) Strategi penguatan nilai-nilai yang ada dalam internalisasi nilai-nilai moral di SMPN 1 Sumbergempol dan SMPN 2 Sumbergempol dilakukan dengan menganjurkan untuk internalisasi nilai-nilai moral keagamaan dengan melalui kemampuan dan pengalaman guru dalam memberikan nasihat dan mendorong siswa untuk senantiasa bertanggung jawab dengan menanamkan untuk: a) Guru memotivasi siswa untuk Saling bekerjasama dan tolong menolong. b) Guru memotivasi siswa untuk saling. c) Guru selalu memberi motivasi pada siswa untuk berakhlak yang baik, d) Guru memotivasi siswa untuk selalu beriman dan bertaqwa karena dengan taqwa, e) Guru memotivasi untuk terus bersabar Allah memberikan kabar gembira dengan dipenuhi pahala yang tiada hitungannya karena banyaknya. f) Guru memotivasi pada siswa tentang tawakal yang benar adalah menyerahkan diri kepada Allah sesudah berusaha. g) Guru memotivasi siswa bersyukur kepada Allah memberitahukan hikmah bersyukur. h Guru memotivasi siswa untuk berakhlak yang baik pada orang tua, pahala berbakti pada orang tua dan memberitahu dosanya jika tidak berbakti pada orang tua.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Kebudayaan Islam
Manajemen Dakwah
Masyarakat Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: thesis 1756144049 siti musyarofah
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:54
Last Modified: 15 Mar 2017 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item