BINTI KHOFIFAH, 126209201015 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERIODISASI MASA PRAAKSARA IPS KELAS VII MTs NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
1. COVER.pdf Download (553kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
9. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
11. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk memperluas penggunaan Video pembelajaran tentang periodisasi masa praaksara yang diakui kevalidannya oleh ahli media, materi, bahasa, dan pendidik, serta terbukti efektif dalam pembelajaran. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah pengembangan. Proses pengembangan mencakup tahapan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji validasi oleh ahli, revisi produk awal, pengujian skala kecil, revisi produk kedua, pemgujian lapangan skala besar, penyempurnaan produk akhir, dan penyebaran produk. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTsN 2 Blitar dengan jumlah 35 siswa. Hasil uji validitas menunjukkan persentase sebesar 87% oleh pakar media, 94% oleh pakar materi, 89% oleh pakar bahasa, dan 91% dari guru. Sementara itu, uji efektivitas produk menggunakan Uji T (Paired Sample T Test) menunjukkan signifikansi sebesar 0,000, yang menurut kriteria uji menunjukkan nilai yang lebih rendah dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan video pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan video pembelajaran mengenai periodisasi masa praaksara IPS kelas VII terbukti valid menurut para ahli dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209201015 BINTI KHOFIFAH |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 02:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49004 |
Actions (login required)
View Item |