PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERIODISASI MASA PRAAKSARA IPS KELAS VII MTs NEGERI 2 BLITAR

BINTI KHOFIFAH, 126209201015 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERIODISASI MASA PRAAKSARA IPS KELAS VII MTs NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk memperluas penggunaan Video pembelajaran tentang periodisasi masa praaksara yang diakui kevalidannya oleh ahli media, materi, bahasa, dan pendidik, serta terbukti efektif dalam pembelajaran. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah pengembangan. Proses pengembangan mencakup tahapan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji validasi oleh ahli, revisi produk awal, pengujian skala kecil, revisi produk kedua, pemgujian lapangan skala besar, penyempurnaan produk akhir, dan penyebaran produk. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E MTsN 2 Blitar dengan jumlah 35 siswa. Hasil uji validitas menunjukkan persentase sebesar 87% oleh pakar media, 94% oleh pakar materi, 89% oleh pakar bahasa, dan 91% dari guru. Sementara itu, uji efektivitas produk menggunakan Uji T (Paired Sample T Test) menunjukkan signifikansi sebesar 0,000, yang menurut kriteria uji menunjukkan nilai yang lebih rendah dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan video pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan video pembelajaran mengenai periodisasi masa praaksara IPS kelas VII terbukti valid menurut para ahli dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201015 BINTI KHOFIFAH
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:52
Last Modified: 24 Jul 2024 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49004

Actions (login required)

View Item View Item