PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 9 BLITAR

LISA WULANDARI, 126209201034 (2024) PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (484kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Wulandari, Lisa. 126209201034. 2024. Peran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Menanamkan Sikap Sopan Santun Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar. Skripsi, Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata kunci: peran guru, strategi, sopan santun, tanggungjawab. Penelitian ini bermula ketika peneliti menemukan sebuah gagasan baru mengenai permasalahan sikap siswa dan tanggung jawab siswa yang kurang sesuai dengan aturan perilaku disekolah maupun di lingkungan masyarakat. Fokus masalah pada penelitian ini meliputi (1) Bagaimana peran guru ilmu pengetahuan sosial dalam menanamkan sikap sopan santun dan tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar (2) Bagaimana strategi guru ilmu pengetahuan sosial dalam menanamkan sikap sopan santun dan tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar (3) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat guru ilmu pengetahuan sosial dalam menanamkan sikap sopan santun dan tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui peran guru ilmu pengetahuan sosial dalam menanamkan sikap sopan santun dan tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar (2) untuk mengetahui strategi guru ilmu pengetahuan sosial dalam menanamkan sikap sopan santun dan tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru ilmu pengetahuan sosial dalam menanamkan sikap sopan santun dan tanggung jawab pada siswa kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang ditentukan yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer dari penelitian ini yaitu dari guru mata pelajaran ips, kepala sekolah, dan juga para siswa. Hasil penelitian ini yaitu terdapat tiga peran guru ips dalam menanamkan sikap sopan santun dan tanggung jawab siswa kelas VII yaitu peran guru sebagai pendidik, sebagai model dan teladan, dan sebagai motivator. Strategi yang digunakan oleh guru ips adalah strategi pembelajaran kooperatif dengan metode diskusi kelompok dan teka-teki silang. Faktor pendukung guru dalam menanmkan sikap sopan santun dan tanggung jawab yaitu lingkungan yang berbasis islami, motivasi dari guru, dorongan dari orang tua, dan adanya peraturan. Faktor penghambat yaitu kurangnya penanaman dari orang tua, semangat belajar siswa rendah, dan belum lengkapnya sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201034 LISA WULANDARI
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:42
Last Modified: 23 Jul 2024 08:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49021

Actions (login required)

View Item View Item