ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, LOCUS OF CONTROL, DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi pada Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung)

NADIA AGUS PALUPI, 126403203194 (2024) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, LOCUS OF CONTROL, DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (Studi pada Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Sistem Pengendalian Internal, Locus of Control, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia sebagai Upaya Pencegahan Fraud dalam Pengelolaan Keuangan Desa (Studi pada Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Nadia Agus Palupi, NIM. 126403203194, Jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing Fia Rahma, S.E., M.S.A. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa di Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, pemahaman mengenai kecurangan (fraud) masih lemah yang menyebabkan pencegahan kecurangan (fraud) masih tertinggal dibadingkan dengan desa-desa lainnya. Dengam Sistem Pengendalian Internal, Locus of Control, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia merupakan cara paling efektif untuk mencegah kecurangan (fraud) dalam pengelolaan keuangan desa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis sistem pengendalian internal sebagai upaya pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk menganalisis locus of control sebagai upaya pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan Desa Gondosuli, Kecmatan Gondang, Kabupaten tulungagung. (3) Untuk menganalisis kompetensi sumber daya manusia sebagai upaya pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. (4) Untuk menganalisis upaya pencegahan fraud dalam pengelolaan keuangan Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini adalah Bapak Daruno selaku kepala desa, Bapak Rochim selaku sekretaris desa, Ibu Pitrisiyah selaku kepala urusan keuangan, Bapak Windu Luseno selaku ketua BPD, dan Bapak Langkir selaku KASI Pemberdayaan Masyarakat. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa sistem pengendalian internal yang kuat, locus of control, dan kompetensi sumber daya manusia dapat menjadi upaya yang efektif dalam mencegah fraud dalam pengelolaan keuangan Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Dengan implementasi sistem pengendalian internal yang baik, membangun locus of control di kalangan aparatur Desa Gondosuli, serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, dapat membantu desa untuk menghindari tindakan kecurangan dan penyalahgunaan keuangan desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Layanan Publik
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403203194 NADIA AGUS PALUPI
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:07
Last Modified: 23 Jul 2024 08:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49024

Actions (login required)

View Item View Item