PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VEKTOR KELAS X MAN 1 TRENGGALEK

ALEG DWINOTO, 126211203077 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VEKTOR KELAS X MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbantuan Video YouTube Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Vektor Kelas X MAN 1 Trenggalek”, Ini ditulis oleh Aleg Dwinoto, NIM. 126211203077, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Kata Kunci : Student Teams Achievement Divisions (STAD), YouTube, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu faktor penyebabnya adalah proses pembelajaran masih menerapkan model pembelajaran konvensional serta penggunaan media pembelajaran yang dirasa kurang menarik bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan strategi pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division) dengan berbantuan video YouTube. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video YouTube terhadap motivasi belajar siswa pada materi vektor kelas X MAN 1 Trenggalek. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video YouTube terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor kelas X MAN 1 Trenggalek. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video YouTube terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi vektor kelas X MAN 1 Trenggalek.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Trenggalek berjumlah 291 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 23 siswa dan kelas X-B sebagai kelas kontrol berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), (2) Uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), (3) Uji hipotesis (uji t-test dan uji MANOVA).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video YouTube terhadap motivasi belajar siswa pada materi vektor kelas X MAN 1 Trenggalek dengan perolehan hasil Uji-T menunjukkan nilai sig. 0,001< 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video YouTube terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor kelas X MAN 1 Trenggalek dengan perolehan hasil Uji-T menunjukkan nilai sig. 0,011 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video YouTube terhadap motivasi belajar siswa pada materi vektor kelas X MAN 1 Trenggalek dengan perolehan hasil Uji MANOVA menunjukkan nilai sig. 0,004 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211203077 ALEG DWINOTO
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:25
Last Modified: 12 Aug 2024 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49040

Actions (login required)

View Item View Item