IMPLEMENTASI METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AL IKHLAS KANYAR LAMONGAN

NELLYA NUR FIKA RAHAYU, 126201203216 (2024) IMPLEMENTASI METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AL IKHLAS KANYAR LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (399kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Demontrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al Ikhlas Kanyar Lamongan” ditulis oleh Nellya Nur Fika Rahayu NIM. 1262012903216, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: Implementasi, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar. Penelitian ini di dasarkan konsteks oleh fakta bahwa faktor utama rendahnya hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran yang monoton oleh guru yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah. Banyak siswa yang menganggap bahwa materi yang mereka pelajari membosankan dan sulit untuk dipahami. Banyak solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu salah satunya dengan menerapkan berbagai macam metode pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangatlah diperlukan, karena dengan pemilihan metode yang menarik akan membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan hasil belajarnya akan meningkat, salah satunya dengan menggunakan metode Demonstrasi. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IX di MTs Al Ikhlas Kanyar Lamongan? (2).Bagaimana Pelaksanaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IX di MTs Al Ikhlas Kanyar Lamongan? (3). Bagaimana Evaluasi Hasil Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IX di MTs Al Ikhlas Kanyar Lamongan? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Perencanaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IX di MTs Al Ikhlas Kanyar Lamongan? (2). Untuk Mengetahui Pelaksanaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IX di MTs Al Ikhlas Kanyar Lamongan? (3). Untuk Mengetahui Evaluasi Hasil Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas IX di MTs Al Ikhlas Kanyar Lamongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya ada kondensasi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Perpanjangan keikutsertaan dan Triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul “Implementasi Metode Demontrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al Ikhlas Kanyar Lamongan” maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih guru perlu menyusun perangkat pembelajaran diantaranya: silabus, RPP/modul ajar, jurnal mengajar, model, metode, media, pendekatan, materi yang akan digunakan. Guru juga mempersiapkan kondisi kelas baik itu sarana prasarana dan lain-lainnya. (2) pelaksanaan implementasi metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran fiqih yaitu membentuk siswa menjadi dua kelompok dan melaksanakan praktik secara bergantian. (3) Evaluasi dilakukan dengan cara tes yang dilakukan 1 kali pada tiap pertemuan. Guru memberikan nilai dan motivasi kepada siswa. Adanya nilai dan motivasi kepada peserta didik yaitu untuk memberikan semangat agar siswa tetap aktif dalam belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203216 NELLYA NUR FIKA RAHAYU
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:17
Last Modified: 25 Jul 2024 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49058

Actions (login required)

View Item View Item