NORMAN AGUS SETIAWAN, 126201202157 (2024) PERAN GURU FIQIH DALAM MENUMBUHKAN KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI INFAK JUM'AT DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (926kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (509kB) |
||
Text
ABSTRAK .pdf Download (474kB) |
||
|
Text
BAB I .pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Fiqih Dalam Menumbuhkan KepedulianSosial Peserta Didik Melalui Infak Jum’at di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Norman Agus Setiawan, NIM. 12621202157, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag.,M.Pd. Kata kunci: Peran Guru, Kepedulian Sosial, Infak Peran guru dalam Pendidikan Islam bukan hanya saja memberikan pengetahuan Islam saja, namun harus membentuk pribadi peserta didik. Apalagi seorang guru fiqih, karena fiqih menggambarkan bahwa mencakup keserasaian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah Swt, diri sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya maupun lingkungannya. Lingkungan terdekat kita yang berpengaruh besar dalam menentukan tingkat kepedulian sosial kita. Karena esensi dari hidup adalah menjadikan hidup dapat bernilai, yaitu dapat bermanfaat untuk orang lain, dan membantu kesusahan orang lain. Berawal dari hal tersebut maka peneliti merumuskan fokus penelitian skripsi ini yaitu, 1) Bagaimana peran guru fiqih sebagai pembimbing dalam menumbuhkan Kepedulian Sosial Peserta Didik Melalui Infak Jum’at Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek? 2) Bagaimana peran guru fiqih sebagai motivator dalam menumbuhkan Kepedulian Sosial Peserta Didik Melalui Infak Jum’at Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek? 3)Bagaimana peran guru fiqih sebagai fasilitator dalam menumbuhkan Kepedulian Sosial Peserta Didik Melalui Infak Jum’at Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi ( triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah 1)Peran guru fiqih sebagai pembimbing antara lain guru fiqih merumuskan tujuan dari diadakan infak jum’at, menentukan waktu dan mentetapkan Prosedur pelaksanaan infak jum’at. mengatur penyaluran dana infak jum’at 2) Peran guru fiqih sebagai motivator, memotivasi peserta didik melalui materi di kelas, serta memanfaatkan media sosial untuk melihat peristiwa sosial. 3) Peran guru fiqih sebagai fasilitaor memberikan fasilitas fisik berupa kotak infak, serta fasilitas non fisik berupa pemberian ruang kepada peserta didik untuk mendistribusikan dana infak secara langsung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Infaq |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202157 NORMAN AGUS SETIAWAN |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 08:50 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 08:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49067 |
Actions (login required)
View Item |